Penyelesaian Konflik antara Pihak Pemberi Waralaba dengan Pihak Penerima Waralaba dalam Perjanjian Waralaba : studi di P.T. Baba Rafi Indonesia

Widiyaningrum, Ratih Wahyu (2009) Penyelesaian Konflik antara Pihak Pemberi Waralaba dengan Pihak Penerima Waralaba dalam Perjanjian Waralaba : studi di P.T. Baba Rafi Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi dilatarbelakangi oleh semakin tingginya kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan kesejahteraan ekonomi dan salah satu cara untuk mendapatkan kesejahteraan ekonomi adalah dengan berwirausaha. Wirausaha yang banyak diminati saat ini adalah wirausaha dengan membeli sistem bisnis dari pihak lain yang disebut dengan waralaba. Dalam pelaksanaan perjanjian waralaba sering terjadi penerima waralaba tidak membayar royalty fee, karena tidak membayar royalty fee penerima waralaba dikatakan wanprestasi dan dari sini akan timbul konflik antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba. Permasalahan dari skripsi ini adalah bagaimana P.T. Baba Rafi Indonesia menyelesaikan konflik yang terjadi dengan penerima waralaba, apa kendala yang dihadapi oleh P.T. Baba Rafi Indonesia dan upaya yang dilakukan oleh P.T. Baba Rafi Indonesia untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam hal terjadinya wanprestasi berupa tidak dibayarnya royalty fee yang merupakan kewajiban penerima waralaba. Metode pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah dengan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan studi kepustakaan, kemudian seluruh data yang ada dianalisis dengan menggunakan metode analisis data secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jawaban bahwa bentuk penyelesaian konflik yang dipilih oleh P.T. Baba Rafi Indonesia untuk menyelesaian konflik yang disebabkan oleh wanprestasi berupa tidak dibayarnya royalty fee oleh pihak penerima waralaba adalah melalui jalur non litigasi. Berdasarkan perjanjian waralaba proses penyelesaian konflik tersebut adalah : mengirimkan surat peringatan I, pihak pemberi waralaba menghentikan pengiriman bahan baku, mengirimkan surat peringatan II, dan pihak pemberi waralaba mencabut hak waralaba. Selain bentuk penyelesaian tersebut ada bentuk penyelesaian lain yaitu melalui pendekatan secara persuasif dan perdekatan secara personal. Kendala yang dihadapi oleh P.T. Baba Rafi Indonesia dalam menyelesaikan konflik dengan penerima waralaba adalah : wanprestasi, hubungan yang tidak harmonis antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba, komunikasi yang kurang baik antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba , dan manajemen. Upaya-upaya yang ditempuh oleh P.T. Baba Rafi Indonesia untuk menyelesaikan kendalakendala tersebut adalah sebagai berikut : untuk wanprestasi upaya yang dilakukan dengan memberikan Surat Peringatan II, untuk hubungan yang tidak harmonis antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba upaya yang dilakukan dengan menjalin hubungan yang lebih baik dengan penerima waralaba dan menangani setiap konflik dengan cepat dan sebaik mungkin, untuk komunikasi yang kurang baik antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba upaya yang dilakukan adalah dengan memperbaiki komunikasi dengan penerima waralaba, untuk manajemen upaya yang dilakukan dengan memperbaiki manajemen yang ada. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka P.T. Baba Rafi Indonesia perlu meningkatkan hubungan dengan penerima waralaba, sehingga akan terbentuk hubungan yang lebih baik antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba, membentuk suatu divisi yang khusus menangani setiap komplain yang muncul dari penerima waralaba, sehingga penyelesaian setiap komplain yang disampaikan oleh penerima waralaba akan lebih cepat dan juga meningkatkan kualitas kerja para pegawainya sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi penerima waralaba karena kepuasan penerima waralaba akan meningkatkan kepercayaan penerima waralaba kepada P.T. Baba Rafi Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/68/050900938
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2009 09:19
Last Modified: 21 Mar 2022 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110601
[thumbnail of 050900938.pdf]
Preview
Text
050900938.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item