Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Pelajar SMA oleh Satuan Reserse Narkoba (Studi di Kantor Polresta Malang

Jiwayanti, Nurima (2009) Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Pelajar SMA oleh Satuan Reserse Narkoba (Studi di Kantor Polresta Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar SMA di kota Malang yang dilakukan oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Malang yang juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang. Hal ini dilatar belakangi dengan masih tingginya angka penyalahgunaan narkotika di kota Malang. Mengingat ada beberapa faktor yang menyebabkan masih tingginya angka penyalahgunaan narkotika di kota Malang. Sehingga diperlukan berbagai upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkotika terutama di kalangan pelajar SMA, karena sebagai generasi penerus bangsa para pelajar diharapkan mampu menjadi generasi yang bebas dari jerat narkotika/ narkoba. Mengingat pula bahwa upaya pencegahan lebih baik daripada mengobati. Dalam upaya mengetahui, menganalisis dan memaparkan tentang Upayaupaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Pelajar SMA oleh Satuan Reserse Narkoba dengan Dinas Pendidikan, maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris. Pendekatan yuridis empiris dilakukan dengan cara deskriptif, yang mendeskripsikan serta menganalisis peran dan upaya yang dilakukan oleh Satuan Unit Narkoba Polresta Malang dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan kendala yang dihadapi. Untuk teknik analisa data primer menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, penulis akan mendeskripsikan data-data yang diperoleh di lapangan dan kemudian terhadap data-data tersebut akan dilakukan suatu analisa yang dikaitkan dengan teori hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Untuk data sekunder yang diperoleh dari hasil penelusuran kepustakaan dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi ( content analysis ) Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Peran dan upaya yang dilakukan oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Malang dalam mencegah penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar SMA dilakukan dengan pola-pola dan tahapan-tahapan yang bersifat Pre-emtif pencegahan yang dilakukan secara dini melalui kegiatankegiatan edukatif dan Preventif bahwa pencegahan adalah lebih baik dari pada pemberantasan, oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian Police Hazard (PH) untuk mencegah suplay and demand agar tidak saling interaksi, atau dengan kata lain mencegah terjadinya Ancaman Faktual (AF). Bentuk kerjasama lintas sektoral yang dilakukan oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Malang dengan Dinas Pendidikan Nasional dalam mencegah penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar SMA dilakukan dalam bentuk kerjasama untuk memberikan program-program penyuluhan maupun razia yang dilakukan di sekolah. Kendala yang dihadapi berasal dari pihak Dinas Pendidikan dan sekolah yang terkadang sulit membagi jadwal, dan pengaruh dari lingkungan sekitar sekolah dan karakter masing-masing pelajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/50/050900821
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2009 14:32
Last Modified: 21 Mar 2022 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110583
[thumbnail of 050900821.pdf]
Preview
Text
050900821.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item