Peranan Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Cilegon Dalam Menangani Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

Agung, Dhanisa Restya (2009) Peranan Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Cilegon Dalam Menangani Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Peranan Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Cilegon Dalam Menangani Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya anggapan bahwa Rumah Tangga seharusnya menjadi tempat berlindung bagi seluruh anggota keluarga. Akan tetapi pada kenyataannya justru banyak Rumah Tangga menjadi tempat penderitaan dan penyiksaan karena terjadi tindakan kekerasan. Kekerasan Dalam Rumah Tangga merupakan pelanggaran luar biasa terhadap nilai-nilai kemanusiaan, oleh sebab itu apapun alasan yang melatarbelakangi perilaku KDRT tidak dapat dibenarkan karena akan menimbulkan dampak negatif bagi korbannya. Pada umumnya apapun bentuk kekerasan itu, biasanya yang banyak menjadi korban adalah perempuan. Penulis berupaya untuk mendeskripsikan serta menganalisis peranan yang dilakukan oleh unit PPA dalam menangani korban KDRT, dan mengidentifikasi kendala apa saja yang dihadapi oleh unit PPA sekaligus upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam menangani korban KDRT. Maka metode pendekatan yang dipakai adalah Hukum empiris dengan melakukan tahap penelitian lapangan dan wawancara di unit PPA Polresta Cilegon untuk mendapatkan data primer dan penelitian kepustakaan serta studi dokumentasi untuk memperoleh data sekunder. Teknik analisis data secara deskriptif analisis pun dilakukan sehingga penulis akan menguraikan, menjelaskan serta menggambarkan dari data yang diperoleh kemudian dianalisa guna menjawab permasalahan-permasalahan yang diajukan sehingga akan menghasilkan kesimpulan yang menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa peranan unit PPA Polresta Cilegon dalam menangani korban KDRT sampai sejauh ini telah berhasil dengan baik dalam mengupayakan pendampingan bagi korban. Kendala yang dihadapi bisa diatasi dengan melakukan upaya-upaya yang dapat menanggulangi atau paling tidak meminimalisir kendala yang ada. Menyikapi fakta-fakta tersebut di atas, maka perlu kiranya pemerintah bekerjasama dengan Polresta Cilegon guna menyelenggarakan ataupun melengkapi fasilitas pada unit PPA sehingga eksistensinya sebagai penyidik dapat berjalan dengan lebih profesional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/44/050900815
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2009 09:32
Last Modified: 17 Mar 2022 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110576
[thumbnail of 050900815.pdf]
Preview
Text
050900815.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item