Faktor-faktor yang Menghambat Pelaksanaan Subrogasi Oleh Penanggung Pada Asuransi Kendaraan Bermotor : studi di PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Malang

Mahareta, Yolanda (2009) Faktor-faktor yang Menghambat Pelaksanaan Subrogasi Oleh Penanggung Pada Asuransi Kendaraan Bermotor : studi di PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan subrogasi oleh penanggung pada asuransi kendaraan bermotor saat ini, mengingat dalam kenyataannya kerugian yang terjadi seringkali disebabkan oleh perbuatan yang dilakukan pihak ketiga baik secara tidak sengaja maupun secara melawan hukum, tetapi tidak semua kerugian yang disebabkan pihak ketiga tersebut dapat dilakukan penuntutan oleh pihak penanggung yang telah membayar ganti rugi pada tertanggung. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat diangkat yaitu tentang faktor yang menghambat pelaksanaan subrogasi oleh PT Asuransi Bumiputeramuda 1967 Cabang Malang pada asuransi kendaraan bermotor dan upaya yang dilakukan PT Asuransi Bumiputeramuda 1967 Cabang Malang saat ini dalam mengatasi hambatan yang ada. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, untuk mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan kenyataan yang terjadi di masyarakat, khususnya pelaksanaan subrogasi pada asuransi kendaraan bermotor oleh perusahaan asuransi sebagai penanggung objek asuransi saat ini beserta faktor-faktor yang menghambat pihak asuransi Bumiputeramuda 1967 Cabang Malang dalam melaksanakan hak subrogasinya dan upaya yang dilakukan pihak asuransi dalam mengatasi hambatan yang timbul. Kemudian dari permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan peraturan perundangundangan yang terkait. Adapun analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa pada kenyataannya dalam pelaksanaan subrogasi masih banyak faktor-faktor yang menghambat, sehingga tidak dapat dilaksankan sesuai prinsipnya. Adapun faktor yang menghambat berasal dari faktor internal (pihak penanggung) dan faktor eksternal (pihak tertanggung dan pihak ketiga). Sedangkan upaya yang ditempuh oleh PT Asuransi Bumiputeramuda 1967 Cabang Malang untuk mengatasi hambatan yang timbul berupa upaya prevetif, antara lain: a) upaya untuk hambatan internal, yaitu: 1) Menyelenggarakan sosialisasi tentang prinsip-prinsip dasar asuransi kepada para karyawan, 2) Berperan lebih cekatan dan teliti dalam melakukan survey di lapangan, 3) Menempuh jalur non litigasi dalam hal meminta penggantian kepada pihak ketiga yang menyebabkan kerugian, 4) Melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian; b) upaya untuk hambatan eksternal, yaitu: 1) Melakukan penyuluhan terhadap setiap calon nasabah tentang prinsip subrogasi beserta hak dan kewajiban yang timbul dari adanya prinsip subrogasi tersebut, 2) Berperan cepat dan tanggap dalam menanggapi laporan klaim dari tertanggung, 3) Melakukan negosiasi dengan pihak ketiga yang bersalah yang tidak bersedia membayar ganti kerugian untuk menemukan kesepakatan. Dalam rangka penerapan hak subrogasi yang dimiliki penanggung, maka diharapkan para praktisi asuransi lebih intens dalam melakukan sosialisasi tentang prinsip-prinsip dasar asuransi yang seharusnya diterapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/333/051000185
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2010 14:31
Last Modified: 17 Mar 2022 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110553
[thumbnail of 051000185.pdf]
Preview
Text
051000185.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item