Pengembangan Aplikasi Mobile Penyusunan Ransum Pakan Ternak Sapi Dan Kambing Menggunakan Framework Ionic

Wibowo, Andriano Eucharistia (2018) Pengembangan Aplikasi Mobile Penyusunan Ransum Pakan Ternak Sapi Dan Kambing Menggunakan Framework Ionic. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi penyusun ransum pakan ternak dikembangkan oleh seorang mahasiswa Universitas Brawijaya pada tahun 2015. Aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk memformulasikan pakan ternak sapi dari dua jenis bahan, yaitu hijauan dan konsentrat untuk memenuhi nutrisi harian atau pun meningkatkan berat badan sapi. Aplikasi bernama SunRan (Susun Ransum) tersebut menggunakan framework Yii dalam pengembangannya. Pengembang aplikasi ini merasa perlu ada pengembangan pada sistem mobile atau perangkat bergerak. Permasalahan tersebut mendorong penulis untuk mengembangkan aplikasi SunRan tersebut ke dalam platform perangkat bergerak. Aplikasi SunRan versi perangkat bergerak ini menggunakan framework Ionic yang memiliki fungsi untuk pengembangan aplikasi bersistem hybrid atau campuran, yaitu aplikasi perangkat bergerak berbasis web dan native. Sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi SunRan Mobile adalah sistem operasi Android. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi ini adalah sistem operasi yang paling populer, terutama di benua Asia, tempat di mana masih banyak orang yang menjalankan peternakan sapi dan kambing. Selain untuk menyusun ransum pakan ternak sapi, penulis juga menambahkan objek ternak baru yang belum ada pada aplikasi SunRan berbasis web, yaitu kambing. Pengujian untuk aplikasi perangkat bergerak ini dilakukan sebanyak dua kali pengujian untuk membuktikan apakah aplikasi SunRan berbasis web yang telah dikembangkan dapat dikembangan pada aplikasi mobile. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang digunakan pada aplikasi SunRan berbasis web masih dapat digunakan dan diimplementasikan sebagai sebuah aplikasi pada perangkat bergerak walaupun dengan penambahan objek baru dan penggunaan framework yang berbeda.

English Abstract

An application to compile rations for cattles’ meals was developed by a student of Brawijaya University ini 2015. This application is a web-based application that formulate cattles’ meal from two kinds of ingredients, that is forage ingredients and concentrate ingredients, to fulfill the daily nutrition or to increase the weight of a cow. The application that is called SunRan (Susun Ransum) used Yii framework in its development. The developer of the application felt that a development for the mobile version in needed. The need encourages the writer to develop the SunRan on a mobile platform. This mobile version of SunRan uses Ionic framework which has a function for developing applications in hybrid system, which is a ixture of system based on website and native. The operating system used to run SunRan Mobile is Android OS. It’s done because this operating system is the most opoular operating system, especiallly in Asia, where there are still a lot of people working on a ranch for cows and goats. Besides being used to compile rations for cow’s meal, the writer is also adding a new object that hasn’t included in the web-based SunRan before, the object is goat. The tests for this mobile application is done twice to prove if the web-based SunRan can be developed into a mobile-based application with an addition of a new object and an utilization of a different framework.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/227/051801320
Uncontrolled Keywords: SunRan, Ransum, Sapi, Kambing, Framework Ionic, Mobile
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 May 2018 01:47
Last Modified: 27 Oct 2021 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11053
[thumbnail of skripsi105060805111006.pdf]
Preview
Text
skripsi105060805111006.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item