Arief W, Muhkam (2009) Implementasi Program Pasti Pas Sebagai Wujud Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Layanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Menurut Undang-Undang no.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Stu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kebutuhan masyarakat akan bahan bakar bagi kendaraan bermotor nya memberi peluang bagi pelaku usaha SPBU untuk mendapat keuntungan yang sangat besar. Tidak mengherankan masih adanya SPBU yang tega berbuat curang kepada konsumen untuk mengurangi takaran BBM nya. Hal ini disikapi serius oleh Pertamina, untuk lebih siap menghadapi pasar bebas Pertamina meluncurkan program Pasti Pas, dimana program ini mempunyai tujuan untuk memberikan penghargaan lebih atas hak-hak konsumen SPBU. Namun tidak semua SPBU yang mendapat sertifikasi program ini, hanya SPBU yang mempunyai kemauan untuk menjadi lebih baik di mata konsumen yang bersedia mendafatar, diaudit, lalu melakukan kontrak dengan Pertamina. SPBU Pasti Pas mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan SPBU yang belum menerapkan program Pasti Pas ini. Di sini penulis tertarik untuk meneliti langsung di lapangan tentang implementasi atau penerapan program Pasti Pas di lapangan secara langsung. Ada tiga rumusan masalah yang menjadi fokus kajian dalam penulisan ini, yaitu : 1) Bagaimana implementasi program Pasti Pas sebagai wujud perlindungan hukum bagi pengguna layanan SPBU menurut UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? 2) Hambatan apa saja yang ada pada implementasi program Pasti Pas sebagai wujud perlindungan hukum bagi pengguna layanan SPBU menurut UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? 3) Upaya apa saja yang bisa ditempuh untuk mengatasi hambatan dalam implementasi program Pasti Pas sebagai wujud perlindungan hukum bagi pengguna layanan SPBU tersebut? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara, sedangkan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan. Selanjutnya, seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SPBU Sumbersari, SPBU Mayjen Wiyono, SPBU Panji Suroso, dan kantor Yayasan Lembaga Konsumen Malang (YLK Malang). Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Prgram Pasti Pas di lapangan telah berjalan lancar dan masyarakat sebagai kosumen meginginkan seluruh SPBU Pertamina menerapkan Program Pasti Pas, karena masyarakat sangat puas akan keberadaan program ini. Hambatan yang dihadapi dalam penerapan program Pasti Pas ini dibagi menjadi dua, yaitu hambatan internal yang berasal dari dalam SPBU yang pertama berupa masalah modal yang sangat besar, modal ini berkaitan dengan pada saat penambahan fasilitas dan perawatan fasilitas yang lebih maksimal dari SPBU yang belum menerapakan Program Pasti Pas. Hambatan internal yang kedua adalah masalah operator yang mempunyai jiwa dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga masih dikhawatirkan kesiapan mental operator tersebut masih labil. Sedangkan hambatan eksternal adalah hambatan dari luar SPBU yang berupa sifat konsumen itu sendiri yang dirasakan masih enggan melakukan keluhan bila terjadi ketidaksesuaian dalam penerapan Program Pasti Pas ini. Upaya yang bisa diambil untuk mengatasi hambatan-hambatan di atas adalah dengan cara peminjaman modal bagi masalah permodalan, pelatihan operator bagi kesiapan mental operator yang lebih baik, penyediaan tenaga cadangan bagi operator oleh pelaku usaha SPBU bila intensitas pembelian BBM sangat padat untuk menjaga operator dalam keadaan yang prima sehingga 3-S dapat terlaksana dengan baik, serta kesadaran masyarakat harus lebih tinggi untuk memeperjuangkan hak-haknya bila dilanggar oleh pelaku usaha.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2009/304/050903391 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 30 Nov 2009 14:38 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 02:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110523 |
Preview |
Text
050903391.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |