Hambatan pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan dalam garansi pembelian komputer oleh perusahaan vendor komponen computer : studi di CV. Sarijaya Computer Malang

Putranto, Didier Budi (2009) Hambatan pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan dalam garansi pembelian komputer oleh perusahaan vendor komponen computer : studi di CV. Sarijaya Computer Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan komputer meningkat pesat seiring dengan makin dibutuhkannya komputer dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Beberapa permasalahan timbul dalam kaitannya dengan penjualan komputer. Vendor yang memproduksi komponen komputer di sini adalah pihak yang wajib bertanggungjawab memberikan garansi terhadap konsumen yang membeli komputer. Pelaksanaan tanggungjawab tersebut diatur melalui kerjasama dengan toko yang melayani pembelian komputer rakitan. Penulis di sini tertarik untuk mengungkap hambatan perlindungan hukum konsumen dalam mendapatkan garansi dari vendor perusahaan komponen komputer melalui bantuan Toko Komputer. CV. Sarijaya Computer sebagai toko yang berpengalaman dalam menangani permasalahan tersebut menjadi sumber bahan penelitian penulis. Pendekatan penelitian adalah yuridis sosiologis yaitu menelaah literaturliteratur atau peraturan-peraturan yang berkaitan dengan tema yang diteliti. Lokasi penelitian CV. Sarijaya Computer Malang, karena pada CV. Sarijaya pernah terjadi permasalahan dalam pemberian garansi pembelian komputer kepada konsumen. Data diperoleh dari lapangan dianalisa secara deskriptif analitis yaitu data-data yang telah diproses akan dianalisa dan digambarkan sedemikian rupa sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Hambatan pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan dalam garansi pembelian komputer oleh perusahaan vendor komponen komputer adalah sebagai berikut: Garansi yang diberikan toko tidak sama dengan garansi dari produsen, Untuk perbaikan komponen komputer dari produsen tertentu seringkali menyita waktu sehingga menjadikan konsumen curiga, Pesanan barang terhadap produsen seringkali tidak tepat waktu, Layanan Instalasi software tidak dapat dilakukan oleh Toko. Untuk mengatasi hambatan dalam perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen, CV. Sarijaya Computer Malang melakukan tindakan sebagai berikut: Menjalin kerjasama internal dengan menjadi distributor khusus vendor tertentu, Langsung meneruskan komplain dari pelanggan kepada Perusahaan Vendor Komponen Komputer, Membantu pelanggan dalam prosedur komplain dan bertanggungjawab atas tuntutan pelanggan sesuai prosedur yang berlaku. Saran dari permasalahan diatas yaitu : kepada pelaku usaha hendaknyamemberikan informasi yang benar dan jujur dalam mengenai keadaan barang, Untuk pemerintah hendaknya menetapkan peraturan mengenai batas minimal suatu garansi yang diberikan oleh pelaku usahakarena pelaku usaha seringkali mencantumkan waktu garansi yang tidak proposional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/303/050903390
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2009 14:30
Last Modified: 17 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110522
[thumbnail of 050903390.pdf]
Preview
Text
050903390.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item