Penerapan prinsip transparansi atas produk tabungan pada nasabah dalam perbankan : pelaksanaan pasal 4 PBI No. 7/6/PBI/2005 di Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar

Purnomo, Indra (2009) Penerapan prinsip transparansi atas produk tabungan pada nasabah dalam perbankan : pelaksanaan pasal 4 PBI No. 7/6/PBI/2005 di Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan Prinsip Transparansi atas produk tabungan pada nasabah dalam perbankan ( pelaksanaan pasal 4 PBI No. 7/6/PBI/2005 di Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar ) dalam hal pelayanan, bank memberikan informasi yang masih dirasa kurang oleh nasabah atas produk tabungan terhadap manfaat dan resikonya. Hal ini dilatar belakangi bahwa prinsip transparansi merupakan keterbukaan bank memberikan informasi secara terbuka kepada nasabah karena menyangkut hak dari nasabah itu sendiri. Diantaranya manfaat dan resiko biaya yang melekat pada sebuah produk bank terutama tabungan. Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuan dari penulisan penelitian hukum disini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan penerapan prinsip transparansi atas produk tabungan kepada nasabah dalam perbankan di BRI Cabang Blitar, mengidentifikasi dan mendeskripsikan serta menganalisis hambatan dari penerapan prinsip transparansi atas produk tabungan kepada nasabah dalam perbankan berdasar pasal 4 Peraturan Bank Indonesia No.7/6/PBI/2005. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis guna meneliti bagaimana penerapan prinsip transparansi atas produk tabungan kepada nasabah dalam perbankan di BRI Cabang Blitar, hambatan dari penerapan prinsip transparansi atas produk tabungan kepada nasabah dalam perbankan . Data-data tersebut akan dianalisa dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu BRI Cabang Blitar berupaya semaksimal mungkin melaksanakan transparansi informasi produk bank terutama tabungan beserta manfaat dan resikonya. Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar sebagai pelayan publik telah memberikan informasi secara transparan sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No. 7/6/PBI/2005. BRI Cabang Blitar sebagai BUMN milik pemerintah yang harus tetap berpegang pada penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance khususnya Prinsip Transparansi. Hambatan yamg ada dalam pelaksanaan ini yaitu kurangnya sosialisasi atas pengertian prinsip transparansi produk tabungan kepada masyarakat/ nasabah dari PBI ini, pemberian keterbukaan informasi/ prinsip transparansi dilakukan hanya sebatas kebutuhan dari nasabah atas produk tabungan, adanya batasan-batasan kewenangan yang ada di dalam peraturan intern bank dalam hal pemberian informasi produknya yang tidak boleh dipublikasikan kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/301/050903388
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2009 09:07
Last Modified: 17 Mar 2022 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110520
[thumbnail of 050903388.pdf]
Preview
Text
050903388.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item