Pelaksanaan Pengenaan Pajak Penghasilan Berbasis Keadilan Terhadap Koperasi : studi di Koperasi Karyawan PT. Bridgestone

Nugroho, Yedi (2009) Pelaksanaan Pengenaan Pajak Penghasilan Berbasis Keadilan Terhadap Koperasi : studi di Koperasi Karyawan PT. Bridgestone. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, Penulis mengambil judul : PELAKSANAAN PENGENAAN PAJAK PENGHASILAN BERBASIS KEADILAN TERHADAP KOPERASI (Studi di Koperasi Karyawan PT. Bridgestone) dengan latar belakang selama ini penerimaan pajak yang berasal dari koperasi relatif masih sedikit, dan belum dilakukan pengenaan secara intensif karena peraturan perundang-undangan yang mengatur tersebut sangat dinamis. Kondisi ini sebenarnya sangat tidak kondusif karena di satu sisi koperasi tidak merasa sebagai wajib pajak, sedangkan di sisi lain mungkin ada pihak-pihak yang memanfaatkan kondisi tersebut untuk kepentingan pribadi. Sikap pemerintah merupaka sikap yang kurang atau tidak pada tempatnya mengingat koperasi merupakan institusi yang mengemban misi sejalan dengan pemerintah yaitu mengkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga menjadi tidak layak koperasi di bebani oleh pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pengenaan pajak penghasilan terhadap koperasi menurut Undangundang Nomor 36 Tahun 2008 dan untuk megetahui dan menganalisis pengenaan pajak penghasilan terhadap koperasi sudah memenuhi asas keadilan. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis yaitu mengkaji permasalahan dari segi hukum yang didasarkan pada kenyataankenyataan yang ada di lapangan. Jenis data terdiri dari data primer yaitu melalui wawancara langsung dengan responden dan data sekunder melalui literatur buku, browsing internet, kliping koran. Pengolahan data dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu data dipaparkan secara menyeluruh kemudian dilakukan analisis sehingga dapat disusun suatu kesimpulan yang menjawab permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah Pejabat Koperasi dan Anggota Koperasi PT. Bridgestone Daerah dan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Koperasi PT Bridgestone, Sekretaris Koperasi PT Bridgestone, Wakil Sekretaris PT Bridgestone dan Anggota Koperasi PT. Bridgestone. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pengenaan pajak penghasilan terhadap koperasi kurangnya sosialisasi, serta monitoring dan evaluasi terhadap perpajakan koperasi memang merupakan faktor utama yang menyebabkan rendahnya kesadaran koperasi membayar pajak. Pajak penghasilan terhadap koperasi sudah memenuhi asas keadilan sesuai dengan teori gaya pikul yaitu pendapatan dan kekayaaan seseorang yang di ukur dengan besarnya penghasilan dan kekayaan juga pengeluaran atau pembelanjaan seseorang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/270/0500903159
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2009 09:20
Last Modified: 17 Mar 2022 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110489
[thumbnail of 050903159.pdf]
Preview
Text
050903159.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item