Pengawasan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan Terhadap Penggunaan Kendaraan Dinas Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pe

PungkyJatuPratama (2009) Pengawasan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan Terhadap Penggunaan Kendaraan Dinas Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pe. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini peneliti meyakini bahwa kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan, karena itu pelayanan kesehatan dalam tiap daerah pun berperan penting untuk kemajuan tingkat hidup masyarakat yang lebih baik. Seperti halnya Dinas Kesehatan Kota Pasuruan sebagai instansi pemerintahan yang bergerak dalam bidang pembangunan kesehatan masyarakat kota Pasuruan. Untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan optimal, tentu para pegawai Dinas Kesehatan memerlukan fasilitas negara berupa kendaraan dinas agar lebih mudah menjangkau sasaran dan melaksanakan program kerjanya. Namun, sayangnya fasilitas berupa kendaraan yang pada awalnya ditujukan untuk maksud positif tersebut, dalam penerapannya banyak disalahgunakan. Kendaraan dinas tidak dengan maksimal digunakan untuk kepentingan kedinasan, tetapi berbalik digunakan untuk kepentingan pribadi. Berangkat dari fenomena tersebut, maka penelitian ini dilakukan, dengan mengangkat permasalahan yang diteliti yaitu mengenai pengawasan Dinas Kesehatan terkait penyalahgunaan kendaraan dinas di lingkup pegawainya dan kendala yang dihadapi terkait pengawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini tentunya untuk mengetahui, memahami, dan menganalisa pengawasan serta kendala dalam pengawasan di Dinas Kesehatan terkait penyalahgunaan kendaraan dinas di lingkup pegawainya. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosio-yuridis. Dimana peneliti berusaha menggambarkan atau menguraikan mengenai pengawasan di Dinas Kesehatan terkait penyalahgunaan kendaraan dinas di lingkup pegawainya beserta kendala yang dihadapi terkait pengawasan. Adapun landasan hukum yang digunakan berkaitan dengan penelitian ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, penulis dapat mengungkap penyimpangan yang ada di Dinas Kesehatan Kota Pasuruan terkait penyalahgunaan kendaraan dinas, dan mendeskripsikan mengenai pengawasan yang dilakukan serta kendala yang dihadapi dalam pengawasan kendaraan dinas tersebut. Dengan begitu, fakta yang ada dapat diketahui sehingga, penelitian ini akan mampu memberikan kontribusi dalam menghadapi kekurangan dan kendala yang ada pada pengawasan kendaraan dinas di Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/258/050903111
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2009 14:02
Last Modified: 19 Oct 2021 05:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110475
[thumbnail of 050903111.pdf]
Preview
Text
050903111.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item