Implementasi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 Tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil : suatu studi d

TrisiaOktaUtami (2009) Implementasi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 Tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil : suatu studi d. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah implementasi KepMen PAN Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 tentang pedoman pengembangan budaya kerja aparatur Negara terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil di Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Malang. Hal ini dilatarbelakangi dengan melihat pentingnya penerapan budaya kerja. Mengingat Budaya kerja merupakan salah satu elemen kunci pengelolaan sumber daya manusia, maka penulis menganalisis budaya kerja yang ada di Bagian Kesejahteraan Rakyat untuk melakukan perubahan cara kerja yang sesuai dengan nilai-nilai budaya kerja guna meningkatkan kemampuan dan komitmen sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pegawai. Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang ada, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya kerja yang terdiri dari ketekunan, kreativitas, kedisiplinan dan iptek terhadap kinerja pegawai negeri sipil serta pengaruhnya terhadap kemampuan dan komitmen pegawai negeri sipil. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis Sosiologis dimana populasinya adalah pegawai negeri sipil di Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Malang. Penentuan responden dilakukan dengan metode simple purposive sampling. Untuk membahas permasalahan menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari sumber yang sedang diteliti, misalnya data hasil wawancara, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi kepustakaan ataupun peraturan perundang-undangan serta dari artikel-artikel dari situs internet untuk melengkapi data primer. Baik data primer maupun data sekunder saya analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan cara memaparkan data yang diperoleh dari hasil pengamatan lapangan dan studi pustaka kemudian dianalisa dan dideskripsikan sehingga menghasilkan gambaran sesuai dengan fakta yang ada dan dapat ditarik kesimpulan sebagai hasil akhir. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan Budaya Kerja di Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Malang telah berjalan baik dengan menemukan suatu budaya kerja yang cocok yang sesuai dengan oraganisasi dan menerapkan delapan prinsip dalam pelaksaan budaya kerja. Sedangkan dalam menerapkan budaya kerja tersebut memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai negeri sipil yang meliputi kemampuan dan komitmen. Budaya Ketekunan, Budaya Kreativitas, Budaya Kedisiplinan, dan Budaya Iptek mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan. Sedangkan pengaruh budaya kerja tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap komitmen dikarenakan belum tumbuhnya komitmen pegawai terhadap organisasi. Mengingat para pegawai yang bekerja disana rata-rata hanya 6 bulan – 2 tahun lamanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/240/050902956
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2009 09:28
Last Modified: 19 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110459
[thumbnail of 050902956.pdf]
Preview
Text
050902956.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item