Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Pasar Dan Kontribusinya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Magetan : studi di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Magetan

AstridAnanditaDyahPratiwi (2009) Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Pasar Dan Kontribusinya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Magetan : studi di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sacara jelas pelaksanaan retribusi pasar di Kabupaten Magetan, kontribusinya terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah serta hambatan yang di hadapi dalam pelaksanaan retribusi pasar dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari para pejabat dan petugas yang secara langsung menangani pelaksanaan retribusi pasar di Kabupaten Magetan dan data sekunder yang diperoleh dari bahan kepustakaan yang berkaitan dengan judul skripsi. Teknik pengumpilan data dilakukan dengan teknik pengamatan/ observasi, wawancara/ interview dan kepustakaan. Setelah data terkumpul selanjutnya di analisis secara kualitatif. berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimulan bahwa pelaksanaan retribusi pasar di Kabupaten Magetan merupakan wewenang dan tanggung jawab Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Magetan dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Sub Dinas Pasar dengan menggunakan sistem official assessment, yaitu pemungutan berdasarkan peraturan daerah No. 5 Tahun 1999 dengan sistem pemungutan secara langsung menggunakan benda berharga atau karcis, Pelaksanaan Retribusi Pasar pada tiga tahun terakhir berjalan dengan baik dan selalu bisa melebihi target yang telah ditetapkan. Sedangkan kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Magetan rataratasebesar 2, 15 %. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan retribusi pasar di Kabupaten Mgetan antara lain kurangnya kesadaran wajib retribusi dalam membayar retribusi pasar, sarana dan prasarana pasar yang kurang memadai, dan petugas kurang tegas dalam memunggut retribusi. Hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/2/050900377
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2009 09:51
Last Modified: 19 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110418
[thumbnail of 050900377.pdf]
Preview
Text
050900377.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item