Kewajiban Yang Dapat Dipertanggungjawabkan Oleh Pihak Penyedia Tenaga Kerja Yang Diperjanjikan Di Dalam Perjanjian Kerjasama Jasa Penyediaan Tenaga Kerja : studi di PT. Perdana Perkasa Elastindo

FajrinKurniaPutra (2009) Kewajiban Yang Dapat Dipertanggungjawabkan Oleh Pihak Penyedia Tenaga Kerja Yang Diperjanjikan Di Dalam Perjanjian Kerjasama Jasa Penyediaan Tenaga Kerja : studi di PT. Perdana Perkasa Elastindo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo yang telah diperjanjikan dalam perjanjian kerjasama jasa penyediaan tenaga kerja. Hal ini dilatarbelakangi bisnis outsourcing saat ini telah menjadi tren baru dalam dunia bisnis global yang sejak tahun 2000 juga telah merambah dunia bisnis di Indonesia. Adapun permasalahan yang diangkat adalah bentuk kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo yang telah diperjanjikan dalam perjanjian kerjasama jasa penyediaan tenaga kerja, hambatan pelaksanaan kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo dan cara penanggulangan yang dapat digunakan untuk mengatasi hambatan pelaksanaan kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo. Penulisan ini ditujukan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo, hambatan dalam pelaksanaan kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo dan cara penanggulangan hambatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah yuridis sosiologis, karena dimulai dari penemuan masalah hukum dalam prakteknya yang kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis. Penelitian ini dilakukan di PT. Perdana Perkasa Elastindo yang melakukan jasa penyediaan tenaga kerja sebagai core business utamanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa bentuk kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo adalah pelaksanaan pemenuhan hak-hak pekerja / buruh outsource dan pelaksanaan pemenuhan hak-hak perusahaan mitra kerja / klien yang telah diperjanjikan. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan oleh PT. Perdana Perkasa Elastindo adalah kurangnya konsistensi pengusaha dalam melaksanakan ketentuan peraturan ketenagakerjaan di Indonesia yang telah menjadi fenomena budaya hukum di Indonesia, klausulaklausula perjanjian yang saling bertentangan, lemahnya pengaturan peraturan ketenagakerjaan di Indonesia dan hambatan dari intern pekerja / buruh outsource. Berdasarkan penelitian tersebut dapat dikemukakan saran perbaikan peraturan ketenagakerjaan di Indonesia yang dapat memberikan efek jera pada para pengusaha, pembenahan metode pelatihan kerja dan pemotivasian yang dilakukan PT. Perdana Perkasa Elastindo dan perbaikan klausula-klausula yang diperjanjikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/198/050902514
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2009 09:00
Last Modified: 19 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110416
[thumbnail of 050902514.pdf]
Preview
Text
050902514.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item