Penggunaan Program ISO 9001: 2000 di Lapas Wanita Kelas II A Kota Malang Sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pelayanan Terhadap Narapidana

RioKurniawan (2009) Penggunaan Program ISO 9001: 2000 di Lapas Wanita Kelas II A Kota Malang Sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pelayanan Terhadap Narapidana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Penggunaan Program ISO 9001: 2000 di Lapas Wanita Kelas II A Kota Malang Sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pelayanan Terhadap Narapidana. Permasalahan yang diangkat adalah (1) Bagaimana penerapan program ISO 9001:2000 sebagai upaya peningkatan manajemen pelayanan terhadap narapidana di Lapas Kelas II A Wanita Kota Malang (2) Apakah kendala yang dihadapi dalam menjalankan program ISO 9001:2000 serta upaya Lapas Kelas II A Wanita Kota Malang dalam menghadapai kendala tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan program ISO 9001:2000 di Lapas Kelas II A Wanita Kota Malang dan Untuk mendeskripsikan dan menganalisa kendala yang dihadapi dalam menjalankan program ISO 9001:2000 di Lapas Kelas II A Wanita Kota Malang serta upaya dalam menghadapi kendala tersebut. Dalam penelitian ini, terdapat dua manfaat, pertama dapat memberikan sumbangan bagi ilmu hukum pidana, khususnya penologi dalam rangka peningkatan dan pembenahan sistem pembinaan terhadap narapidana. Kedua, manfaat aplikatif yang berguna bagi empat komponen, yaitu penulis, akademisi,masyarakat, aparat hukum (pegawai lapas). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan penentuan lokasi di Lapas Wanita Kelas II A Kota Malang. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan responden sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menggambarkan dan mengintepretasikan kondisi hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses yang berlangsung, akibat yang sedang terjadi atau kecenderungan yang berkembang melalui dalam bentuk kata-kata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Lapas Wanita Kelas II A Kota Malang dalam melaksanakan program ISO 9001:2000 tersebut hanya menyesuaikan dengan prosedur tetap yang merupakan dasar dari proses pembinaan yang dilakukan oleh Lapas Wanita sebelum adanya program ISO tersebut. Tujuan dari penerapan program ISO ini adalah untuk menciptakan sistem manajemen kualitas, dimana Lapas Wanita Kelas II A Kota Malang dapat menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten memberikan pelayanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan (narapidana, masyarakat, instansi lain) serta memenuhi ketentuan dan peraturan yang ada melalui efektifitas tindakan di dalam sistem manajemen mutu termasuk proses untuk perbaikan yang berkesinambungan serta pencegahannya atas ketidaksesuaian dengan sistem manajemen mutu. Kendala dalam penerapan program ISO 9001:2000 di dalam Lapas tersebut secara umum mengenai kurangnya pemahaman petugas tentang program ISO tersebut, hal ini lebih disebabkan latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh tiap petugas lapas sendiri yang berbeda-beda dan tingkat pendidikan mayoritas didominasi SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/170/050901991
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2009 10:39
Last Modified: 19 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110388
[thumbnail of 050901991.pdf]
Preview
Text
050901991.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item