Latar Belakang Pembaharuan Sistem Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia dengan Pencalonan secara Independen

LukmanHakim (2009) Latar Belakang Pembaharuan Sistem Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia dengan Pencalonan secara Independen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada dasarnya filosofis dari penelitian ini adalah adanya permasalahan hak asasi berpolitik warga negara untuk menjadi presiden yang dicalonkan secara perseorangan dan oligarkis partai politik yang berakibat pada ketidak efektifan pemerintahan dan instabilitas pemerintahan presiden. Penelitian ini mengangkat satu permasalahan latar belakang sistem pemilihan umum presiden dan wakil presiden Indonesia perlu diperbarui, Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang sistem pemilihan umum presiden Indonesia perlu diperbarui. Manfaat yang didapatkan dari penulisan penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu hasil penulisan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan di bidang hukum pada umumnya, dan khususnya Hukum Tata Negara terkait dengan Pembaruan Sistem Pemilu Presiden Indonesia. dengan Pencalonan Presiden secara Independen Sehingga diperoleh pandangan baru tata hukum Indonesia di masa yang akan datang dan pengembangan paradigma Sistem Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang lebih demokratis di periode mendatang. Sedangkan manfaat praktisnya bagi Pemerintah ,MPR, DPR, Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatandan bagi rakyat yang pada garis besarnya bisa memberikan perkembangan dan kontribusi positif proses demokratisasi di Indonesia, khususnya pada lembaga Negara dan rakyat sebagai pemegang kedaulatan dalam demokrasi. Metode penedekatan penelitian ini adalah metode penedekatan normatif. Fokus masalah ini menitik beratkan kepada argumentasi dan pemikiran dalam menyikapi pembaharuan sistem pemilu presiden Indonesia dengan pencalonan presiden secara independen. Teknik penelusuran bahan hukum dalam penelitian ini, mempergunakan beberapa langkah untuk sampai dalam tahap memberikan kesimpulan. Pertama, pengumpulan bahan-bahan hukum yang terkait dengan pembaharuan sistem pemilihan umum presiden dan wakil presiden Indonesia dengan pencalonan secara independen, ataupun bahan-bahan non hukum seperti bahan dari ilmu politik. Kedua, melakukan telaah atas isu hukum yang diajukan berdasarkan bahan-bahan yang telah dikumpulkan. Ketiga, Menarik kesimpulan dalam bentuk argumentasi yang menjawab isu hukum. Teknik analisa data mempergunakan teknik content analysis , sebagai teknik analisis dalam penelitian ini. Dalam Penelitian hukum ini peneliti berproses dari penemuan terhadap latar belakang pembaharuan sistem pemilihan umum presiden dan wakil presiden Indonesia.Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil berupa sistem pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia dimonopoli oleh partai politik, pembaharuan tersebut untuk lebih menjamin hak asasi politik warga negara, dan pembangunan hukum ortodoks mendominasi Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/152/050901829
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2009 09:30
Last Modified: 19 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110370
[thumbnail of 050901829.pdf]
Preview
Text
050901829.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item