Tanggung Jawab PT. Asuransi Sinar Mas Dalam Penyelesaiaan Klaim Asuransi Kehilangan Atas Kendaraan Roda Empat : studi Pada PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Cikarang Bekasi

MeliawatiKartikasari (2009) Tanggung Jawab PT. Asuransi Sinar Mas Dalam Penyelesaiaan Klaim Asuransi Kehilangan Atas Kendaraan Roda Empat : studi Pada PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Cikarang Bekasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai tanggung jawab PT. Asuransi Sinar Mas dalam penyelesaiaan klaim asuransi kehilangan atas kendaraan roda empat. Hal ini dilatar belakangi oleh pembayaran klaim yang dibayar oleh PT. Asuransi Sinar Mas yang tidak sesuai dengan perjanjian dalam polis. Adapun permasalahan yang diangkat adalah, (1) Tanggung jawab PT. Asuransi Sinar Mas terhadap penyelesaian klaim asuransi kehilangan atas kendaraan roda empat (2) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penyelesaian klaim asuransi kehilangan kendaraan roda empat di PT. Asuransi Sinar Mas (3) Upaya yang dapat ditempuh oleh pihak tertanggung, jika PT. Asuransi Sinar Mas tidak bertanggung jawab dalam penyelesaiaan klaim. Upaya mengetahui tanggung jawab PT. Asuransi Sinar Mas dalam penyelesaiaan klaim asuransi kehilangan atas kendaraan roda empat maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Penelitian ini mengambil lokasi pada PT. Asuransi Sinar Mas di jalan Ruko plaza menteng blok A/3 Cikarang Bekasi. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dengan responden dan data sekunder yang didapat dari penelusuran bahan-bahan hukum tertulis, data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa tanggung jawab PT. Asuransi Sinar Mas terhadap penyelesaiaan klaim asuransi kehilangan atas kendaraan roda empat yaitu dengan membayar klaim pihak tertanggung sebesar 90% dari nilai pertanggungan sesuai dengan harga pasar kendaraan tersebut. 10 % dari nilai pertanggungan untuk risiko sendiri yaitu jumlah kerugian yang menjadi tanggung jawab tertanggung. Kendala dalam penyelesaiaan klaim asuransi kehilangan atas kendaraan roda empat di PT. Asuransi Sinar Mas adalah ketidaklengkapan dokumen klaim yaitu (polis asuransi, surat keterangan kehilangan, surat tanda nomor kendaraan dan bukti kepemilikan kendaraan bermotor) yang dilampirkan dalam pengajuan klaim oleh tertanggung dan pihak tertanggung tidak bertanggung jawab dalam pembayaran premi. Kendala ini dapat diatasi dengan cepat, apabila pihak tertanggung menyadari adanya ketidaklengkapan dokumen klaim yang diajukan dan segera melunasi pembayaran premi dan segera memenuhi persyaratanpersyaratan yang diminta oleh penanggung, sehingga proses pengajuan klaim dapat berjalan dengan lancar. Sengketa tanggung jawab PT. Asuransi Sinar Mas dapat terselesaikan melalui beberapa pilihan yang disepakati oleh para pihak, yaitu melalui Alternatif Penyelesaiaan Sengketa (1) Konsultasi (2) Negoisasi (3) Mediasi.Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka PT. Asuransi Sinar Mas harus mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan pembayaran klaim kepada pihak tertanggung. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pentingnya perusahaan asuransi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/15/050900630
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2009 11:02
Last Modified: 19 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110367
[thumbnail of 050900630.pdf]
Preview
Text
050900630.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item