Pengaruh Poligami Terhadap Kecenderungan Kekerasan Dalam Rumah Tangga : studi kasus di Pengadilan Agama Kota Malang dan Polresta Malang

HasanBasri (2009) Pengaruh Poligami Terhadap Kecenderungan Kekerasan Dalam Rumah Tangga : studi kasus di Pengadilan Agama Kota Malang dan Polresta Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai pengaruh poligami terhadap Kecenderungan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.. Hal ini dilatar belakangi oleh masalah poligami merupakan hal yang kontradiktif di mana banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh pelaku poligami, yaitu terutama dalam hal kekerasan dalam rumah tangga. Oleh karenanya penulis dalam penelitian ini mengkaji mengenai adanya pengaruh dan faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan oleh pelaku poligami khususnya di kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian dalam pelaksanaan penelitian mnggunakan beberapa tahapan, dengan metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, dengan lokasi penelitian di dua tempat yaitu di Pengadilan agama Kota Malang dan di Polresta Malang, sedangkan responden dalam pelaksanaan wawancara adalah yang berhubungan dengan penelitian dan teknik pengumpulan data adalah wawancara, studi dokumentasi selanjutnya analisa data digunakan bentuk diskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa poligami memberikan pengaruh terhadap kecenderungan kekerasan dalam rumah tangga relatif kecil bila dibandingkan dengan jumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh orang yang tidak berpoligami, hal ini di sebabkan karena memang faktanya jumlah orang yang berpoligami jauh lebih kecil bila di bandingkan dengan orang yang tidak berpoligami. Oleh karena itulah harus dilihat juga bahwa ternyata poligami memberikan pengaruh besar terhadap terjadinya kekerasan dalam rumah tangga dalam lingkup orang yang berpoligami, terutama orang yang berpoligami tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Sedangkan mengenai faktor-faktor penyebab timbulnya kekerasan yang dilakukan oleh pelaku poligami ini berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern yaitu terutama disebabkan oleh faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/113/050901453
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 19 May 2009 09:56
Last Modified: 19 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110329
[thumbnail of 050901453.pdf]
Preview
Text
050901453.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item