Optimalisasi kinerja Badan Pengawas Daerah (BAWASDA) dalam mencegah dan menanggulangi tindak pidana korupsi : studi di Kantor BAWASDA Kabupaten Pasuruan

NoormanRamadhani (2008) Optimalisasi kinerja Badan Pengawas Daerah (BAWASDA) dalam mencegah dan menanggulangi tindak pidana korupsi : studi di Kantor BAWASDA Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis memmbahas mengenai masalah pencegahan dan penanggulangan tindak pidana korupsi. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kasus korupsi. Disamping itu, berdasarkan PERDA Kabupaten Pasuruan No.36 Tahun 2001 tentang tugas dan fungsi pokok Badan Pengawas Daerah, sebagai aparat intern pengawas dan pemeriksa. Pentingnya lembaga ini dalam menangani pelangaran-pelanggaran yang dilakukan oleh para Pejabat seperti korupsi ataupun penyalahgunaan kewenangan baik itu dari segi pencegahan (Preventif) maupun Penanggulangan (represif) Tindakan preventif adalah mencegah terjadinya kejahatan untuk pertama kalinya, bisa melalui jalur non hukum (non penal) yaitu dengan cara moralistik dilakukan dengan cara membina mental spiritual yang bisa dilakukan oleh para ulama, para pendidik dan lainlain. Abolisionistik dengan cara penanggulangan yang bersifat konsepsional yang harus direncanakan dengan dasar penelitian kriminologi, dan menggali sebab musababnya dari berbagai faktor yang berhubungan. Tindakan represif yaitu suatu cara penanggulangan berupa penanganan kejahatan yang sudah terjadi. Penanganan dilakukan dilakukan oleh aparat penegak hukum. Penanganan kasus korupsi yang dilakukan oleh Badan Pengawas Daerah baik dari segi preventif maupun represif selama ini cukup efisien. Dalam kenyataanya sejumlah temuan kasus yang berindikasi tindak pidana korupsi dalam kurun waktu tahun 2005-2007 dapat diselesaikan dengan tindakan preventif (pencegahan) maupun dengan tindakan represif (penanggulangan). Pendekatan masalah yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan yuridis empiris dan dalam menganalisa data yang diperoleh digunakan untuk menganalisis metode penelitian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam upaya penyelesaiana kasus korupsi ini, pihak pengawas melakukan tindakan, yaitu dengan mengadakan pengawasan dan pemeriksaan di setiap kantor untuk membuktikan adanya korupsi serta berdasarkan laporan yang terkait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/92/050801361
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2008 10:42
Last Modified: 19 Oct 2021 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110307
[thumbnail of 050801361.pdf]
Preview
Text
050801361.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item