Penerapan sanksi Administrasi terhadap kalangan industri yang melakukan Pelanggaran Izin Pembuangan Limbah Cair (Menurut Undang-Undang No.23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup) : studi di Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kediri

EkoAriawan (2008) Penerapan sanksi Administrasi terhadap kalangan industri yang melakukan Pelanggaran Izin Pembuangan Limbah Cair (Menurut Undang-Undang No.23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup) : studi di Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Antara lingkungan dan manusia merupakan kesatuan yang saling berpengaruh. Karena manusia adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi lingkungan. Kemajuan di segala bidang, salah satunya di bidang pembangunan di bidang perindustrian. Pembangunan di bidang industri mendorong manusia untuk mendirikan industri-industri di berbagai tempat. Kebanyakan para pelaku industri hanya berpikir mencari keuntungan saja tanpa memikirkan limbah yang dibuang itu aman atau tidak. Jika tidak aman hal ini yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penegakan hukum lingkungan, termasuk di dalamnya penegakan sanksi administrasi. Dengan sanksi administrasi ini diharapkan dapat menghindari pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kilas peristiwa pada masa sekarang. Tujuannya adalah membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai faktor-faktor, sifat-sifat serta lingkungan antara fenomena yang diselidiki. Jadi penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif adalah suatu penelitian yang mengungkapkan fakta apa adanya tentang suatu objek, gejala, keadaan, dengan melakukan pembacaan, menguraikan, menginterprestasikannya dan kemudian barulah diambil suatu kesimpulan dalam bentuk tulisan yang sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sanksi administrasi dilakukan oleh pemerintah. Dengan adanya penerapan sanksi administrasi dapat mencegah dan menanggulangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan pelanggaran kalangan industri terhadap izin pembuangan limbah cair.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/90/050801359
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2008 10:25
Last Modified: 19 Oct 2021 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110305
[thumbnail of 050801359.pdf]
Preview
Text
050801359.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item