Faktor-faktor yang melatarbelakangi wanita melakukan Tindak Pidana Pembunuhan : studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Malang

ReniPuspitaDewi (2008) Faktor-faktor yang melatarbelakangi wanita melakukan Tindak Pidana Pembunuhan : studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi wanita melakukan tindak pidana pembunuhan. Hal ini dilatarbelakangi dengan meningkatnya angka kejahatan pembunuhan yang dilakukan oleh wanita. Dalam upaya mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi wanita melakukan tindak pidana pembunuhan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Malang, berikut dengan proses pembinaannya. Maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis kriminologis, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta kriminogis secara obyektif. Kemudian, seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi seorang wanita melakukan tindak pidana pembunuhan adalah adanya faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern dalam diri narapidana wanita yang melakukan pembunuhan adalah faktor usia, faktor pendidikan, faktor kejiwaan, dan faktor agama. Sedangkan, faktor ekstern terdiri dari faktor lingkungan keluarga dan faktor peranan korban. Faktor intern dan ekstern saling pengaruh-mempengaruhi dalam terjadinya tindak pidana pembunuhan oleh wanita. Proses pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Malang terhadap pelaku pembunuhan antara lain; tahap awal (admisi orientasi) dengan pidana 0-1/3, Tahap lanjutan pertama dengan pidana 1/3 – ½, Tahap lanjutan kedua dengan pidana 1/2 - 2/3 dan Tahap akhir dengan pidana 2/3 – bebas.Kendala yang dihadapi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Malang dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana pelaku pembunuhan adalah tidak ada tenaga ahli dalam bidang psikologi atau psikolog, tidak ada ruangan untuk melakukan pembinaan pendidikan kejar paket, dan minimnya tenaga pengajar kejar paket tersebut. Tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh wanita, fakta riil yang dialami seorang wanita sebagai jalan terakhir untuk menyelesaikan suatu keadaan dan tekanan yang dialaminya yang tidak terlepas dari faktor-faktor yang ada pada saat terjadinya pembunuhan tersebut. Dengan melalui penelitian ini, kita dapat mengetahui tentang latar belakang terjadinya tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh wanita, sehingga kita bisa bersikap lebih bijaksana terhadap kasus serupa dan juga turut serta mencegah terjadinya kejahatan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/68/050801016
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2008 10:04
Last Modified: 19 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110282
[thumbnail of 050801016.pdf]
Preview
Text
050801016.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item