Pelaksanaan Peraturan Daerah No 20 Tahun 2002 Tentang Retribusi Parkir Kendaraan Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Gresik : studi di kabupaten Gresik

Lissaidah (2008) Pelaksanaan Peraturan Daerah No 20 Tahun 2002 Tentang Retribusi Parkir Kendaraan Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Gresik : studi di kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai masalah pelaksanaan Peraturan Daerah No. 20 Tahun 2002 tentang Retribusi Parkir Kendaraan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Gresik (Studi di Kabupaten Gresik) dengan latar belakang dalam pemerataan pembangunan harus menjangkau diseluruh tanah air. Sehingga tidak ada satu daerahpun yang tidak melaksanakan pembangunan daerah masih sangat diperlukan sumber pendapatan. Salah satunya adalah retribusi parkir, karena retribusi parkir merupakan pendapatan daerah lainnya. Retribusi parkir merupakan sumber pendapatan bagi daerah yang dapat dipergunakan untuk menambah pendapatan daerah guna melaksanakan pembangunan daerah sesuai dengan pemberian asas otonomi daerah. Adanya pemnberian otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab bagi daerah adalah untuk memberikan kesempatan kerja daerah yang mempunyai kemampuan untuk memberikan kesempatan kerja daerah yang mempunyai kemampuan untuk dapat mengembangkan daerahnya, seperi yang dijelaskan didalam undang-undang No. 20 tahun 2002 yaitu: bahwa daerah dibentuk dengan memperhatikan syarat-syarat lain yang memungkinkan bagi daerah tersebut untuk melaksanakan pembangunan. Dengan melihat syarat berkembangnya suatu daerah maka suatu daerah berusaha sekuat tenaga untuk mengwembangkan potensi yang ada untuk mendapatkan sumber dana diantaranya adalah adanya retribusi yang pada saat ini sangat potensial sekali sebagai sumber pengalian dana. Berlakunya retribusi ini berdasarkan atas peraturan yang bersifat umum dan untuk mentaatinya kepada yang bersangkutan dapat dilakukan dengan secara paksa. Artinya barang siapa yang melanggar akan mendapatkan sanksi menurut peraturan yang berlaku. Penelitian ini dilakukan di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Kemudian, seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif analistis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa pelaksanaan retribusi parkir kendaraan diwilayah Kabupaten Gresik sebagaimana yang telah diatur pada PERDA No.20 tahun 2002 dipegang oleh Pemerintah Daerah (PEMDA) melalui Dinas Perhubungan (DISHUB).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/325/050900387
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2009 14:19
Last Modified: 18 Oct 2021 22:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110225
[thumbnail of 050900387.pdf]
Preview
Text
050900387.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item