Perlindungan Hukum terhadap nasabah dalam perjanjian baku pembiayaan murabahah : kajian Normatif Perjanjian Pembiayaan Bank Syariah

MuhammadFathaPermana (2008) Perlindungan Hukum terhadap nasabah dalam perjanjian baku pembiayaan murabahah : kajian Normatif Perjanjian Pembiayaan Bank Syariah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alasan penulis memilih standar baku pembiayaan murabahah karena pada saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang perbankan menggunakan standard baku dalam kontrak perjanjiannya dan sifat unik yang dimiliki oleh perjanjian baku yang bersifat Take it or Leave it. Oleh karena itu penulis ingin lebih dalam untuk membahas permasalahan tersebut. Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang Perlindungan Hukum terhadap nasabah dalam perjnjian baku pembiayaan murabahah secara normatif atau studi kepustakaan dengan mempelajari akad pembiayaan murabahah Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat.. Permasalahan yang dibahas yaitu : Bagaimana perlindungan hukum bagi nasabah debitur dalam perjanjian baku pembiayaan murabahah baik perlindungan hukum yang bersifat preventif maupun represif Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang menggunakan metode penelitian kepustakaan, oleh karena itu diperlukan suatu studi dokumen untuk mendapatkan datanya dan Sumber Data yang digunakan adalah berupa data primer yaitu data yang berasal dari studi kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan secara normatif Perlindungan hukum yang dapat diperoleh nasabah pengguna pembiayaan murabahah di indonsia dapat dibagi menjadi dua perlindungan. Yaitu perlindungan secara umum dan khusus, secara umum bisa melalui Transparansi Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah, Penyelesaian Pengaduan Nasabah, Mediasi perbankan, edukasi masyarakat. Dan perlindungan hukum secara khusus berupa preventif dan represif, yang dimaksud perlindungan preventif adalah perlindungan yang menggunakan hukum positiv indonesia seperti UU No. 21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah, sedangkan dalam perlindungan hukum represif mengenal cara penyelesaian sengketa melalui pengadilan umum dan diluar pengadilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/320/050900148
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2009 14:39
Last Modified: 18 Oct 2021 22:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110221
[thumbnail of 050900148.pdf]
Preview
Text
050900148.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item