Analisis Perbandingan Pelaksanaan Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Syariah Dengan Pembiayaan Modal Ventura Pada Lembaga Pembiayaan : studi Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Syariah Surabaya dan PT Sar

IndhiraIsmaya (2008) Analisis Perbandingan Pelaksanaan Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Syariah Dengan Pembiayaan Modal Ventura Pada Lembaga Pembiayaan : studi Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Syariah Surabaya dan PT Sar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang pada adanya persamaan antara pembiayaan mudharabah pada bank syariah dengan pembiayaan modal ventura pada lembaga pembiayaan yakni merupakan penyertaan modal usaha dengan memakai prinsip bagi hasil keuntungan. Oleh karenanya peneliti bertujuan melakukan perbandingan pelaksanaan pada kedua produk pembiayaan tersebut agar diperoleh informasi mengenai pelaksanaan dan perbedaannya. Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai perbandingan pelaksanaan pembiayaan mudharabah pada bank syariah dengan pembiayaan modal ventura pada lembaga pembiayaan serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pada pelaksanaan pembiayaannya. Dalam upaya mengetahui perbandingan kedua produk pembiayaan berikut dengan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembiayaan tersebut, maka digunakan penelitian empiris dengan metode pendekatan yuridissosiologis, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta empiris secara obyektif. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya persamaan dan juga perbedaan mengenai perbandingan definisi sama-sama bertujuan untuk penyertaan modal usaha, pembagian keuntungan yang ditetapkan dengan prosentase pembagian hasil, perbedaannya mengenai jenis pembiayaan dan para pihak yang terkait dalam pembiayaan; Perbandingan pelaksanaan keabsahan sama-sama mempunyai aturan yang harus dipatuhi dan apabila dilanggar ada konsekuensinya. Perbedaannya mengenai acuan/pedoman yang digunakan serta akibat apabila menyalahi; Perbandingan pelaksanaan prosedural mempunyai analisis pembiayaan terhadap permohonan pinjaman yang sama. Perbedaannya mengenai tahapan, halhal yang menjadi pertimbangan, serta aturan yang diterapkan kepada pegawai yang melaksanakan pelayanan, penyaluran dananya berpedoman pada asas pembiayaan yang sehat; Perbandingan pelaksanaan klausula bagi hasil berdasarkan besarnya prosentase bukan nominal, dilakukan di awal pembiayaan erdasarkan kesepakatan. Perbedaannya mengenai macam-macam metode yang digunakan dalam perhitungan prosentase bagi hasilnya; Perbandingan pelaksanaan klasula jangka waktu penetapan jangka waktu dilakukan pada awal pembiayaan berdasarkan kesepakatan para pihak. Perbedaannya mengenai masa berlakunya; Perbandingan klausula agunan sama-sama mempunyai tujuan untuk menjamin pembayaran kembali pembiayaan serta menggunakan jenis agunan yang sama, perbedaannya mengenai pertimbangan tentang nilai agunan yang digunakan. Dalam pelaksanaan pembiayaan mudharabah dan modal ventura terdapat banyak faktor yang menjadi penghambat, namun juga terdapat faktor-faktor yang menunjang yakni dukungan dari pemerintah untuk pelaksanaan pembiayaan mudharabah dalam perbankan dan pelaksanaan pembiayaan modal ventura guna meningkatkan semangat usaha terutama untuk usaha kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/310/050900126
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2009 10:22
Last Modified: 18 Oct 2021 22:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110210
[thumbnail of 050900126.pdf]
Preview
Text
050900126.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item