AhmadAffandi (2008) Efektifitas Pelayanan Publik oleh Kantor Bersama SAMSAT Mojokerto melalui Samsat Link. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik kepada masyarakat merupakan salah satu tugas atau fungsi penting.Pelayanan publik merupakan unsur yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan karena menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas.Pelayanan prima dengan memanfaatkan teknologi informasi merupakan salah satu syarat terselenggaranya kepemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government) serta terwujudnya tranparansi dan akuntabilitas telah menjadi ajang persaingan peningkatan pelayanan antar instansi.Kantor Bersama SAMSAT (Sistem Administrasi Manungggal Satu Atap) merupakan salah satu tempat pelayanan publik yang menangani pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang akan selalu berubah menyesuaikan dengan kondisi perkembangan masyarakat yang selalu menuntut adanya peningkatan pelayanan publik. Dunia teknologi informasi yang selalu berkembang secara real time merupakan alternatif untuk mengembangkan peningkatan pelayanan yang disinergikan untuk memberikan akses kemudahan, kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi data kepada wajib pajak.Teknologi informasi dalam pelayanan melalui Samsat Link yang telah dimulai di wilayah Mojokerto pada tahun 2007 adalah langkah untuk memberikan sebuah pelayanan dan inovasi kemudahan dalam pembayaran Pajak Kandaraan Bermotor (PKB). Sebagai bentuk pelayanan yang baik adalah melihat betapa pentingnya penerapan standar pelayanan yang baik dalam suatu penyelenggaraan pemerintahan dan untuk melihat apakah bentuk pelayanan publik selama ini telah sesuai dengan kebijakan pemerintah, terutama berkaitan dengan pelayanan dalam bentuk Samsat Link (online) karena dalam pelaksanaannya ternyata masih belum maksimal, yaitu dengan melihat beberapa hal yang berkaitan dengan keefektifan tersebut . Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh jawaban bahwa dalam penerapan layanan Samsat link ini sangat bergantung dari pemakaian teknologi yang ada serta bahaimana pelaksanaan layanan ini di lapangan.Hambatan yang dihadapi meliputi eksternal dan internal, hambatan internal yang berasal dari dalam instansi pemerintah adalah minimnya biaya operasional dan koordinasi internal Kantor Bersama SAMSAT Mojokerto yang kurang sinergis. Hambatan dari eksternal yaitu kurangnya partisipasi masyarakat. Upaya yang dilakukan untuk menangani hambatan internal adalah dengan peningkatan teknologi yang ada dan mengintensifkan kerjasama dengan instansi lain sedangkan untuk eksternal adalah memberikan penyuluhan dan informasi kepada masyarakat tentang palayanan Samsat Link.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2008/302/050900059 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jan 2009 10:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 22:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110203 |
Preview |
Text
050900059.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |