Hambatan Pelaksanaan Pungutan dan Pembayaran Pajak Penghasilan Sebagai Wujud Tanggungjawab Perusahaan : studi pada Kantor Pelayanan Pajak Malang, Perusahaan Kecap Cap Ikan Mas Raja Malang

FitriFatima, (2008) Hambatan Pelaksanaan Pungutan dan Pembayaran Pajak Penghasilan Sebagai Wujud Tanggungjawab Perusahaan : studi pada Kantor Pelayanan Pajak Malang, Perusahaan Kecap Cap Ikan Mas Raja Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan penelitian ini, penulis membahas masalah hambatan dalam pelaksanaan pungutan dan pembayaran pajak penghasilan khususnya bagi wajib pajak badan usaha atau perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dan situasi Negara, di mana dalam era otonomi daerah saat ini setiap daerah dituntut untuk menggali sumber dana sendiri dalam pemenuhan dana pembangunan, dengan tidak meninggalkan pelayanan kepada masyarakat, perusahaan sebagai wajib pajak memiliki tanggungjawab yang cukup besar dalam proses pembangunan Negara. Berdasar alasan tersebut muncul permasalahan dalam kaitannya dalam pungutan pajak, hambatan-hambatan banyak dialami oleh petugas pajak sehingga dalam pembahasan tersebut yang perlu dikaji adalah 1) pelaksanaan pungutan dan pembayaran pajak penghasilan sebagai wujud tanggungjawab perusahaan, 2) hambatan-hambatan apa yang dihadapi dalam pelaksanaan pungutan dan pembayaran pajak sebagai wujud tanggungjawab perusahaan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pungutan dan pembayaran pajak penghasilan dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh kantor pelayanan pajak dalam pelaksanaan pungutan pajak penghasilan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dibagi dalam beberapa metode antara lain metode pendekatan yang digunakan adalah empiris, lokasi penelitian di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara dan Perusahaan Kecap Cap Ikan mas Raja malang, dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan metode yuridis empiris dengan lokasi penelitian di Kantor Pelayanan Pajak dan Perusahaan Kecap Cap Ikan Mas Raja Malang. Berdasar hasil penelitian dan analisis terhadap hasil penelitian diketahui bahwa dalam pelaksanaan pungutan pajak kantor pajak banyak menemui hambatan, antara lain adanya upaya untuk menghindarkan pajak dari wajib pajak, dan upaya tersebut dilakukan wajib pajak dengan berbagai cara antara lain dengan melakukan pendekatan dengan pihak perpajakan, dan berusaha mengakui biaya yang besar dan pendapatan yang kecil sehingga besarnya pajak yang harus dibayarkan semakin kecil dan bahkan tidak sama sekali. Disamping itu informasi tempat tinggal wajib pajak yang sering tidak akurat dengan yang telah terdaftar di Kantor Perpajakan, kondisi ini akan menyebabkan kesulitan bagi pihak perpajakan untuk melaksanakan tugastugasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/273/050803517
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2008 11:20
Last Modified: 18 Oct 2021 14:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110175
[thumbnail of 050803517.pdf]
Preview
Text
050803517.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item