Dampak psikologis lamanya menjalani sanksi pidana bagi narapidana wanita yang melakukan tindak pidana narkotika : studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang

NandaFebrianPutranto (2008) Dampak psikologis lamanya menjalani sanksi pidana bagi narapidana wanita yang melakukan tindak pidana narkotika : studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi latar belakang masalah adalah (1) tindak pidana yang semakin berkembang dan wanita pun mampu melakukan tindak pidana, khususnya tindak pidana narkotika, (2) dampak atau perubahan pola perilaku masing-masing individu terhadap lamanya menjalani sanksi pidana, (3) keberadaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang sebagai tempat menjadikan narapidana atau tahanan sebagai anggota masyarakat yang dapat mendukung kebaikan dan ketertiban dalam masyarakat, (4) peranan petugas Lembaga Pemasyarakatan sangat menentukan berhasil atau tidaknya dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana khususnya narapidana pelaku tindak pidana narkotika, karena semua itu diberikan dengan maksud agar setelah nrapidana tersebut selesai menjalani hukumannnya dapat menjadi manusia di masa depan, baik bagi dirinya sendiri, masyarakat maupun Negara. Populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah semua subjek pelaku tindak pidana narkotika yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang, yaitu sebanyak 5 (lima) orang dari jumlah narapidana seluruhnya 15 (lima belas) orang dan dari pihak petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang antara lain : Kasi BINADIK, Kasubag Tata Usaha, Kasi Bimkemaswat, Kasi Registrasi. Metode pengambilan data yaitu dengan cara wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa secara khusus pola pembinaan terhadap narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang ini tidak ada, tetapi ada beberapa pengecualian yang antara lain : masalah narapidana narkotika yang merasa sakit, pihak poliklinik LP benar-benar mengadakan pemeriksaan yang intensif , bentuk pemberian obatnya diberikan petugas kepada Bimpas pada saat jam makan dan diberikan sesuai dosis. Bentuk pemberian keterampilan diharapkan bisa menghilangkan rasa kejenuhan dan rasa bosan, dalam menonton acara televisi hal yang berkaitan dengan masalah narkotika narapidana tidak diperbolehkan menonton. Mengenai dampak psikologis atau perubahan perilaku masing-masing individu dari lamanya menjalani sanksi pidana antara lain : mereka merasa sadar bahwa perbuatan yang mereka lakukan adalah salah dan suatu perbuatan yang melanggar hokum, rasa jenuh dan bosan akibat lamanya hukuman atau sanksi yang diberikan kepadanya membuat mereka benar-benar merasa menyesal dan tidak akan lagi megulangi perbuatannya. Pembinaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang benar-benar berhasil dan memberikan hasil positif bagi semua narapidana yang ada dan dapat kembali hidup di tengah-tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/266/050803466
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2008 09:03
Last Modified: 18 Oct 2021 14:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110166
[thumbnail of 050803466.pdf]
Preview
Text
050803466.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item