Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sistem Drive Thru Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik : studi di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota

YustikaHardwiandita, (2008) Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sistem Drive Thru Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik : studi di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Drive Thru untuk Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Rangka penerapan layanan SAMSAT untuk meningkatkan Pelayanan Publik. Hal ini di latar belakangi oleh berlakunya Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah diharapkan memberikan dampak nyata yang luas terhadap peningakatan pelayanan terhadap masyarakat. Pelayanan publik berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, karena menyangkut kepentingan masyarakat luas. Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota sebagai salah satu organisasi publik pemberi pelayanan publik membuat suatu kebijakan dengan memberikan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dengan sistem Drive Thru yang baru dilaksanakan tahun 2008. Dalam penulisan skripsi ini, membahas mengenai ; (1) Bagaimana penerapan Layanan SAMSAT Drive Thru untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. (2) Kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan Layanan Drive Thru di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. (3) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh kantor bersama samsat malang kota untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif analitis. Berdasarakan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan sistem drive thru telah dapat dikatakan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik. Hal ini dapat dilihat dan syarat-syarat pembayaran maupun kecepatan waktu yang diperlukan lebih efidian daripada dengan sistem manual. Dalam pelaksanaannya tersebut, mereka berpedoman kepada Surat Edaran Bersama Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Kepala Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur, Kepala PT. (Persero) Jasa Raharja Cabang Jawa Timur No. Pol : B/3380/VI/2006/DITLANTAS, Nomor : 970/12859/101.22.2006 dan Nomor : P/8/2006 Tentang Tata Laksana Proses Pelayanan Drive Thru SAMSAT untuk pendaftaran ulang kendaraan bermotor. Dalam menjalankan perannya tersebut Aparat Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota mengahadapi berbagai macam kendala yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan dan ereka juga berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi kendala tersebut. Dalam pelaksanaannya tersebut telah berjalan dengan baik dan dapat dikatakan berhasil. Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusianya yang dalam hal ini adalah Aparat Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota, sehingga dapat memberikan pelayanan secara baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/242/050802882
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2008 09:28
Last Modified: 18 Oct 2021 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110143
[thumbnail of 050802882.pdf]
Preview
Text
050802882.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item