Upaya Kantor Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ijin Reklame Di Kabupaten Ponorogo

DwiHariani (2008) Upaya Kantor Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ijin Reklame Di Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan suatu bangsa merupakan proses yang berkesinambungan dan dilaksanakan secara terpadu dan terencana guna mencapai tujuan pembangunan dalam arti menyeluruh, maka kemudian diberlakukan otonomi daerah dengan tujuan mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sehingga dapat meningkatkan daya dan hasil guna penyelenggaraan Pemerintahan dalam rangka perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka merespon tuntutan masyarakat atas peningkatan kualitas pelayanan publik, sejumlah pemerintah daerah telah berusaha melakukan reformasi birokrasi. Dalam hal ini Perijinan merupakan bagian terpenting dalam pembangunan. Dari sekian banyaknya perijinan yang ada, salah satunya adalah perijinan reklame yang telah dilaksanakan oleh Kantor Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan hal-hal diatas rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah pertama Upaya – upaya apa yang dilakukan oleh Kantor Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan ijin reklame, kedua Kendala – kendala apa saja yang dihadapi Kantor Komunikasi Dan Informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan ijin reklame dan bagaimana cara mengatasinya. Terkait dengan masalah yang dirumuskan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui upaya Kantor Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Perijinan Khususnya Pada Perijinan Reklame dan mengetahui kendala – kendala yang dihadapi oleh Kantor Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan ijin reklame dan bagaimana cara mengatasinya. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah; metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu pendekatan yang mengkaji persepsi dan perilaku hukum orang (manusia dan badan hukum) dan masyarakat serta efektivitas berlakunya hukum positif di masyarakat dan dari penelitian ini didapatkan hasil upaya-upaya Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya perijinan reklame yaitu : proses pemotongan waktu, mengadakan promosi dan sosialisasi terhadap wilayah yang belum mengetahui tentang prosedur perijinan khususnya reklame, peningkatan Sumber Daya Manusia. Kendala yang dihadapi oleh Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo dalam pelaksanaan perijinan reklame yaitu hambatan yang berasal dari internal dan eksternal. Hambatan internal meliputi : sulitnya mengukur output maupun kualitas dari pelayanan yang diberikan oleh petugas secara tepat, pelayanan yang tidak mengenal " bottom line ", sulit mencegah pengaruh nilai-nilai dan kepentingan para birokrat dari kepentingan umum masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana di Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Ponorogo sedangkan hambatan eksternal meliputi : kurangnya kesadaran bagi masyarakat mengenai arti pentingnya perijinan reklame untuk menjamin legalitas keamanan, banyaknya bentukbentuk pelanggaran dalam penyelenggaraan reklame, kurangnya komitmen pelanggan dalam memenuhi persyaratan pengurusan perijinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/240/050802880
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2008 10:57
Last Modified: 18 Oct 2021 14:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110141
[thumbnail of 050802880.pdf]
Preview
Text
050802880.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item