Implementasi pasal 6 Undang Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja PT Perkebunan Nusantara XI [Persero] : studi di PG Padjarakan Kraksaan, Probolinggo

ResaMerdesaPutri (2008) Implementasi pasal 6 Undang Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja PT Perkebunan Nusantara XI [Persero] : studi di PG Padjarakan Kraksaan, Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang makin maju meskipun hanya dalam berbagai bidang telah menggusur tenaga kerja manusia menjadi tenaga mesin. Namun peranan manusia dalam organisasi/perusahaan tetap tidak dapat ditinggalkan, Sumber Daya Manusia (SDM) tetap menjadi sasaran utama perbaikan dan pembaharuan. Sehingga tujuan yang perlu direalisasikan adalah bagaimana memacu kinerja karyawan kearah tercapainya target sesuai rencana. Penulisan skripsi ini berpangkal pada Implementasi Pasal 6 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 Tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) di PG Padjarakan dan hambatan-hambatan dalam implementasi pasal 6 undangundang nomor 3 tahun 1992 tentang jaminan sosial tenaga kerja serta upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan yang ada. Dengan demikian tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah jaminan sosial tenaga kerja yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 telah sesuai dengan kebutuhan. Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Analisa data dalam penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari penelitian lapangan akan diuraikan secara apa adanya, kemudian dianalisis berdasarkan dari teori-teori yang ada untuk memecahkan permasalahan-permasalahan dalam penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa selama ini implementasi pasal 6 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja PG Padjarakan telah berhasil dilakukan di perusahaan tersebut dan telah mematuhi peraturan yang ada yaitu Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Implementasi dari program Jaminan Sosial Tenaga Kerja tersebut sudah cukup baik, bahkan di dalam PG Padjarakan juga memberikan jaminan diluar dari program dasar. Sedangkan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi pasal 6 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja adalah masih adanya tenaga kerja yang belum mengetahui tentang adanya program tersebut kemudian disertai adanya kesulitan keuangan perusahaan serta adanya keterlambatan pembayaran santunan tenaga kerja dari PT Jamsostek sendiri. Adanya keberhasilan dari program Jaminan Sosial ini hendaknya pihak pimpinan lebih memperhatikan lagi terhadap karyawan tidak tetap yang kurang mengerti akan keberadaan jaminan sosial serta perlunya pemberian informasi yang lengkap serta dapat mempertahankan keadaan sehingga tetap tercipta kepuasan yang berimbang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/226/050802799
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2008 11:18
Last Modified: 18 Oct 2021 14:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110124
[thumbnail of 050802799.pdf]
Preview
Text
050802799.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item