Peranan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Dalam Melaksanakan Iklim Persaingan Sehat Antar Pengusaha Hotel Di Batu Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat : studi di Kantor Persatu

MuhamadMaksum (2008) Peranan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Dalam Melaksanakan Iklim Persaingan Sehat Antar Pengusaha Hotel Di Batu Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat : studi di Kantor Persatu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai peranan PHRI dalam melaksanakan iklim persiangan usaha sehat antar pengusaha hotel di Batu menurut undang-undang nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Hal ini dilatar belakangi karena batu merupakan kota pariwisata dan memiliki hotel terbanyak di bandingkan dengan jumlah hotel yang ada di kota Malang dan Kabupaten Malang, dengan banyaknya keberadaan hotel tersebut maka terjadi suatu persaingan usaha yang tidak sehat di antara pengusaha hotel di Batu, ada pengusaha hotel berbintang di Batu yang melakukan kegiatan usaha yang tidak sehat dengan cara meraup para konsumen yang seharusnya bukan menjadi konsumennya, yang mana seharusnya konsumen tersebut merupakan konsumen bagi pengusaha hotel melati. Disinlah dituntut peranan PHRI sebagai satu-satunya wadah organisasi yang menaungi para pengusaha hotel dan restoran untuk menentukan klasifikasi kelas hotel.Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai: (1) Bagaimanakah peranan PHRI dalam melaksanakan iklim persaingan usaha yang sehat antar pengusaha hotel di Kota Batu; (2) Kendala apa saja yang di hadapi oleh PHRI dalam melaksanakan iklim persaingan yang sehat antar pengusaha hotel di Kota Batu; (3) Upaya apa saja yang di lakukan oleh PHRI dalam mengatasi kendala pada saat melaksanakan iklim persaingan usaha yang sehat antar pengusaha hotel di Kota Batu. Penelitian dilakukan di kantor PHRI cabang kota Batu. Metode pendekatan yang digunakan adalah empiris dengan menggunakan jenis data primer dan data sekunder ditambah dengan data dari informan kunci. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, dokumentasi, inventarisasi dan interpretasi terhadap berbagai literatur dan karya akademik yang membahas masalah dengan objek setara. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pelaksanakan iklim persaingan usaha yang sehat PHRI mengalami kendala, yakni (1) pihak hotel berbintang meraup konsumen yang bukan menjadi klasifikasi tamunya shingga merugikan para pengusaha hotel kelas melati; (2) banyaknya villa-villa yang menjamur di kota Batu, dimana villa-villa ini telah menyalahi konsep bisnis villa sebenarnya dan hal tersebut telah merugikan pihak hotel kecil, didalam AD-ARTnya PHRI tidak menaungi pengusaha villa. PHRI dalam menghadapi suatu kendala dilakukan dengan cara mengedepankan sistem kekeluargaan. PHRI juga melakukan peranannya sebagai wadah organisasi profesi dengan tujuan meningkatkan mutu anggotanya, yakni; (1) Membantu serta membina para anggota dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan dan mengadakan seminar yang dapat menambah wawasandan meningkatkan mutu para anggotanya; (2) Memberikan perlindungan, bimbingan serta konsultasi terhadap anggotanya, (3) Melakukan kegiatan penelitian dan perencanaan yang berguna bagi pengembangan usaha para anggotanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/218/050802791
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2008 14:25
Last Modified: 18 Oct 2021 13:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110114
[thumbnail of 050802791.pdf]
Preview
Text
050802791.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item