ZakariaSunandarS, (2008) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Jual-Beli Perhiasan Emas dengan Standart Mutu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada karya tulis ini penulis mengangkat permasalahan kajian mengenai Perlindungan Konsumen terhadap transaksi jual-beli emas dibawah standard mutu, adapun pemilihan Berangkat dari keinginan peneliti ketika mengamati transaksi jual-beli perhiasan emas yang terjadi di Pasar Besar Kota Malang, seringkali ditempat tersebut terdapat beberapa pelaku usaha pehiasan emas yang seringkali mengabaikan hak-hak yang harus dipenuhi sebagai pelaku usaha untuk memberikan informasi tentang kondisi barang yang akan dijual juga dalam pemenuhan haknya kepada konsumen sesuai dengan KUHPerd dan Undangundang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, berdasarkan hal tersebut diatas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang bagian dari bisnis usaha dimana terdapat hubungan antara konsumen dan pelaku usaha. Penulisan skripsi ini memiliki beberapa tujuan pokok yaitu sebagai berikut: 1). Untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan perlindungan hukum sesuai pasal 1461 KUHPerd serta pasal 4 (huruf b, c, dan h), pasal 7 dan pasal 8 (huruf b, c dan e) UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam melakukan transaksi jual beli perhiasan emas. 2). Untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang indikasi yang menghambat dalam menghadapi pelaksanaan aspek perlindungan hukum terhadap Konsumen dalam transaksi jual-beli perhiasan emas dengan standart mutu. 3). Untuk mendiskripsikan dan menganalisan tentang upaya hukum memaksimalkan aspek pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi jual-beli perhiasan emas dengan standart mutu. Deskripsi dan analisis tentang pelaksanaan perlindungan hukum sesuai dengan pasal 1461 KUHPerd, pasal 7, dan pasal 8 (huruf b, c, dan e) UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan terhadap konsumen dalam melakukan transaksi jual beli bahwa belum adanya ketidaksesuaian antara Undang - Undang yang berlaku antara pelaku usaha dengan konsumen. Deskripsi dan analisis tentang indikasi yang menghambat dalam menghadapi pelaksanaan aspek perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual-beli perhiasan emas dengan standart mutu adalah rendahnya kualitas SDM dari pelaku usaha dan konsumen tentang perlindungan hukum yang berlaku. upaya hukum memaksimalkan perlindungan konsumen dalam transaksi jual-beli perhiasan emas dengan standart mutu adalah dengan memaksimalkan peran dan fungsi pemerintah dan lembaga yang berhubungan dengan Perlindungan Konsumen, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta meningkatkan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang perlindungan konsumen, dan meningkatkan kualitas barang dan/atau jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang dan/atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2008/214/050802787 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2008 10:32 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 13:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110110 |
Preview |
Text
050802787.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |