Optimalisasi penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1980 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan : studi di Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan

FatikhaAnugraini (2008) Optimalisasi penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1980 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan : studi di Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelancaran dan keberhasilan dalam suatu pemerintahan sangat bergantung pada keberadaan Pegawai Negeri Sipil yang merupakan pelaksana tugas-tugas pemerintahan. Pegawai Negeri Sipil sebagai aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat dituntut semaksimal mungkin dalam bekerja guna mewujudkan fungsi pemerintahan yang optimal. Untuk mencapai suatu pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien diperlukan adanya Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil untuk menghasilkan Pegawai Negeri Sipil yang berdisiplin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalis tentang Optimalisasi Penerapan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil, mengetahui dan menganalisis faktor penghambat dalam penerapan peraturan disiplin pegawai negeri sipil serta mengetahui upaya- upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam Penerapan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dengan pemecahan masalah yaitu dengan meneliti data, kemudian memaparkan data yang diperoleh untuk dianalisa. Hasil penelitian ini menserunjukkan bahwa di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan sering kali terjadi Pelanggran Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Berbagai jenis pelanggaran disiplin dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil dalam tingkat jabatan yang dan jenis pelanggaran yang berbeda-beda. Penerapan Peraturan Disiplin dilakukan dengan cara pemberian hukuman disiplin yang berupa sanksi sesuai dengan pelanggran disiplin yang dilakukan. Alur Penerapan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan dimulai dari adanya laporan yang diterima,kemudian dilakukan pemanggilan kepada PNS yang disangka untuk dilakukan pemeriksaan, selanjutnya dilakukan pertimbangan dalam menentukan hukuman dan yang terahir penjatuhan hukuman disiplin. Alur Penerapan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil ini seperti yang telah diterapkan dalam beberapa kasus Pelanggaran Diaiplin Pegawai Negeri Sipil yang terjadi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan. Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah pengawasan yang menyeluruh terhadap proses Penerapan Peraturan Disiplin. Banyak faktor-faktor yang menghambat dalam Penerapan Peraturan Disiplin Pegawai Negerii Sipil di lingkungan pemerintah daerah kabupaten pamekasan jika tidak segera teratasi faktor-faktor tersebut akan menjadikan kurang maksimalnya Penerapan Peraturan Disiplin Pegwai Negeri Sipil, oleh karena itu selanjutnya dilakukan upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan tujuan untuk menciptakan kenyamanan kerja bagi Pegawai Negeri Sipil serta penerapan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/20/050800596
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2008 09:43
Last Modified: 18 Oct 2021 13:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110094
[thumbnail of 050800596.pdf]
Preview
Text
050800596.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item