Pengaruh Lingkungan Terhadap Tindak Pidana Narkotika Yang Dilakukan Oleh Remaja Dan Upaya Penanggulangannya : studi di Polres Pasuruan

AlfianFauzi (2008) Pengaruh Lingkungan Terhadap Tindak Pidana Narkotika Yang Dilakukan Oleh Remaja Dan Upaya Penanggulangannya : studi di Polres Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai pengaruh lingkungan terhadap tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh remaja dan upaya penanggulangannya. Hal ini dilatar belakangi oleh karena masalah penyalagunaan narkotika merupakan suatu masalah yang sangat fenomenal di indonesia bahkan di pasuruan yang notabene bukan termasuk kategori kota besar faktanya masih tetap ada atau terjadi penyalahgunaan narkotika tersebut, hal ini terlihat dari adanya beberapa kasus penyalagunaan narkotika yang masuk di Polres Pasuruan. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang ketentuan pokok Kepolisian Negara mengenai tugas, fungsi dan kewenangannya yaitu membimbing dan mengarahkan masyarakat untuk melakukan usaha pencegahan, pemberantasan kejahatan dan penyakit masyarakat, maka hal ini dapat di hubungkan dengan tindak pidana narkotika yang di lakukan oleh remaja, dimana penyelesaian perkaranya tergantung pada aparat penegak hukum itu sendiri. Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai: (1) Lingkungan yang bagaimana sehingga dapat mempengaruhi remaja melakukan tindak pidana narkotika; (2) Bagaimanakah upaya Polres Pasuruan dalam menanggulangi tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh remaja. Penelitian dilakukan di Polres Pasuruan. Metode pendekatan yang dipakai adalah: Yuridis Sosiologis dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer di peroleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, dokumentasi, serta dari berbagai literatur dan karya akademik yang membahas masalah dengan obyek setara. Data yang terkumpul di olah dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pengaruh kuat lingkungan sekitar atau sesama remaja merupakan hal yang penting yang tidak dapat di abaikan dan dibiarkan begitu saja, karena di antara mereka terjalin suatu hubungan yang kuat antara satu sama lain mengenai perasaan. Dengan akrabnya remaja dengan lingkungan tersebut, maka lama-kelamaan dapat mengubah dan mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang remaja, yang mana tidak diketahui apakah pengaruh tersebut berdampak positif atau negatif. Dari kejadian tersebut terlihat adanya kecendrungan seorang remaja untuk berbuat kejahatan yang sebenarnya terjadi karena pengaruh narkotika. Upaya Polres Pasuruan dalam menanggulangi tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh remaja, terlebih dahulu Polres Pasuruan telah melakukan dua upaya, yaitu (1) upaya penanggulangan secara preventif dilakukan berupa pembinaan kepada masyarakat dan bimbingan kepada anak-anak dan remaja di lingkungan sekolah sampai pada universitas yang berwujud penyuluhan dan ceramah tentang bahayahnya jika seseorang terlibat penyalagunaan narkotika.(2) upaya penanggulangan secara represif, dilakukan oleh pihak satuan narkoba, berupa tindakan-tindakan untuk memberantas setiap gejala yang berhubungan dengan penyalagunaan narkotika dengan menggunakan upaya hukum untuk melakukan penangkapan, menyita barang bukti, melalui penyidikan sampai kepengadilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/178/050802382
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2008 13:36
Last Modified: 18 Oct 2021 12:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110071
[thumbnail of 050802382.pdf]
Preview
Text
050802382.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item