Penerapan Technical Barrier to Trade menurut Agreement on Technical Barrier to Trade World Trade Organization Di Indonesia : studi di Badan Standardisasi Nasional

FajarYanuardi (2008) Penerapan Technical Barrier to Trade menurut Agreement on Technical Barrier to Trade World Trade Organization Di Indonesia : studi di Badan Standardisasi Nasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Didalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Penerapan Technical Barrier to Trade menurut Agreement on Technical Barrier to Trade World Trade Organization Bagi Indonesia. Pengambilan masalah ini dilatarbelakangi oleh adanya Agreement on Technical Barrier to Trade yang dikeluarkan oleh WTO untuk diikuti oleh negara anggota-anggota dari organisasi tersebut, sehingga untuk mempelajari dan memahami bagaimana bangsa Indonesia menerapkan perjanjian Technical Barrier to Trade dikarenakan Indonesia merupakan salah satu anggota dari WTO dan juga untuk mengetahui hambatan yang timbul dan upaya-upaya penanggulang yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam penerapan dari perjanjian Technical Barrier to Trade WTO bagi Indonesia. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Technical Barrier to Trade menurut Agreement on Technical Barrier to Trade World Trade Organization bagi Indonesia, maka metode pendekatan yang digunakan adalah metode yuridis empiris, yaitu dengan cara mengkaji dan menganalisa penerapan dari Agreement on Technical dan juga untuk mengetahui hambatan yang timbul dan upaya-upaya penanggulang yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam penerapan dari perjanjian Technical Barrier to Trade Barrier to Trade dengan melihat fakta-fakta yang terjadi secara nyata. Kemudian seluruh data yang telah ada di analisa dengan cara Diskriptif Kualitatif, dengan cara mendiskripsikan data primer dan data sekunder hasil penelitian kemudian menarik kesimpulan sesuai dengan permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Indonesia telah menerapkan Agreement on Technical Barrier yaitu Indonesia telah membuat beberapa peraturan yang berhubungan dengan Technical Barrier to Trade, dan juga Indonesia telah menerapkan tindakan-tindakan yang sesuai dengan prinsip-prinsip TBT. Hambatan dalam penerapan tersebut adalah sisitim sertifikasi produk yang sukar diterapkan oleh produsen yang terkait, disebabkan infrasturktur yang tidak memadai, kurangnya kesadaran dari produsen untuk mengSNI kan produksinya, dan pengawasan terhadap penerapan SNI wajib masih kurang. Upaya-upaya yang dilakukannya adalah dengan menggunakan bantuan teknis dari negara yang lebih maju. Menyikapi fakta tersebut diatas Indonesia telah menerapkan Agreement on Technical Barrier tapi masih banyaknya hambatan-hambatan yang muncul dalam penerapan perjanjian tersebut, hendaknya pemerintah mulai lebih berperan aktif dalam pembuatan standar internasional agar dapat memenuhi kebutuhan Indonesia dan juga pemerintah menyediakan infrastruktur yang lebih baik sehingga prosedur penilaian dapat dilakukan dengan mudah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/152/050801865
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2008 15:57
Last Modified: 18 Oct 2021 12:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110046
[thumbnail of 050801865.pdf]
Preview
Text
050801865.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item