Pelaksanaan Pengembangan Kawasan Wisata Selomangleng Oleh BAPPEKO Dalam Rangka Peningkatan PAD Kota Kediril : penelitian di BAPPEKO Kota Kediri

MarthaYanuRahmawan, (2008) Pelaksanaan Pengembangan Kawasan Wisata Selomangleng Oleh BAPPEKO Dalam Rangka Peningkatan PAD Kota Kediril : penelitian di BAPPEKO Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan merupakan salah satu wujud dari kemauan dan kemampuan suatu negara untuk dapat lebih berkembang kearah yang lebih baik. Begitu juga dengan apa yang diinginkan bangsa Indonesia untuk dapat melaksanakan pembangunan dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sederajat dan sejajar dengan bangsa lain yang lebih maju. Untuk itu pembangunan nasional yang dilakukan bangsa Indonesia pada hakekatnya merupakan rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan nasional. Dalam rangka pengembangan Kawasan Wisata Selomangleng ini maka BAPPEKO mempunyai peranan yang sangat penting terutama melalui perencanaan pembangunan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat atau kebutuhan pembangunan. Sehingga dengan adanya pengembangan Kawasan Wisata Selomangleng di harapkan kawasan ini dapat menjadi salah satu andalan wisata Kota Kediri yang dapat menarik wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kilas peristiwa pada masa sekarang. Tujuannya adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai faktor-faktor, sifat-sifat serta lingkungan antara fenomena yang diselidiki. Jadi penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif adalah suatu penelitian yang mengungkapkan fakta apa adanya tentang suatu obyek, gejala, keadaan, dengan melakukan pembacaan, menguraikan, menginterpretasikannya dan kemudian barulah diambil suatu kesimpulan dalam bentuk tulisan yang sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa.Kawasan Wisata Selomangleng ini sebetulnya sudah ada sejak lama. Guna meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Kediri melalui BAPPEKO yang berperan sebagai perencana berusaha mengembangkan wisata ini dengan membangun berbagai sarana, prasarana serta fasilitas yang dapat meningkatkan daya jual Kawasan Wisata Selomangleng. Diantaranya hal ini dilakukan dengan membangun kolam renang dan area tempat bermain anak. Peningkatan jumlah pengunjung ini menjadi tugas Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Kediri guna memenuhi target yang telah ditentukan oleh Kota Kediri. Target yang telah ditentukan ini menjadi pendorong bagi Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya untuk selalu meningkatkan pelayanan serta sarana dan prasarana Kawasan Wisata Selomangleng.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/124/050801642
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2008 15:39
Last Modified: 18 Oct 2021 11:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110021
[thumbnail of 050801642.pdf]
Preview
Text
050801642.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item