Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Melalui Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Prinsiples) (: studi di Bank Umum Kota Malang

PrimaDiannita (2008) Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Melalui Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Prinsiples) (: studi di Bank Umum Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang melalui Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah yang dianggap merupakan sarana yang paling efektif bagi lembaga perbankan untuk menanggulangi praktek Money Laundering . Prinsip Mengenal Nasabah yang kurang sempurna, dapat mengakibatkan bank-bank harus berhadapan dengan resiko perbankan yaitu resiko reputasi, operasional, hukum dan konsentrasi. Dua hal pokok yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana realita pencegahan tindak pidana pencucian uang ( Money laundering ) melalui Penerapan Prinsip Mengenal Nasahah ( Know Your Customer Principles ) di lembaga Bank Umum di kota Malang dan Apakah penerapan prinsip tersebut efektif dalam mendeteksi dan mencegah terjadinya tindak pidana pencucian uang ( Money laundering) . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dan deskriptif analisis dalam menganalisis data. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data primer dan sekunder. Adapun tujuan dari penulis melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja bank dalam pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang melalui penerapan Prinsip Mengenal Nasabah di lembaganya serta mengetahui efektifitas penerapan Prinsip Mengenal Nasabah dalam tujuannya dalam mencegah dan mendeteksi tindak pidana pencucian uang. Pelaksanaan Prinsip Mengenal Nasabah di bank umum di kota Malang, dilakukan dengan mengaplikasikan semua ketentuan yang berkaitan dengan prinsip tersebut secara utuh dengan berpedoman kepada peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Namun apabila diperlukan suatu tindakan lain di luar peraturan yang ada, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengambilan kebijakan masing-masing bank berdasarkan atas persetujuan dan izin dari Bank Indonesia, yaitu meliputi penyusunan pedoman Prinsip Mengenal Nasabah bagi intern bank, pelaksanaan Prinsip Mengenal Nasabah berdasar atas pedoman yang telah disusun di masing-masing bank, sistem pelaporan terhadap adanya transaksi mencurigakan ( suspicious transaction ), sampai pada prosedur penerimaan dan identifikasi nasabah pada masing-masing bank umum di Kota Malang. Akan tetapi karena berbagai kendala, ternyata penerapan prinsip tersebut belum bisa mendeteksi adanya tindak pidana pencucian uang secara maksimal. Oleh karena itu, disarankan agar Pemerintah berupaya lebih serius dengan lebih memperketat semua elemen yang terkait dengan transaksi keuangan, termasuk memperkecil celah untuk dapat disalahgunakannya ketentuan perundang-undangan oleh pihakpihak tertentu, dengan membuat peraturan yang lebih efektif dalam pencegahan tindak pidana pencucian uang melalui pemberian sanksi dan hukuman yang lebih tegas dan berlaku bagi semua pihak tanpa terkecuali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/114/050801572
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2008 10:50
Last Modified: 18 Oct 2021 11:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110010
[thumbnail of 050801572.pdf]
Preview
Text
050801572.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item