Efektifitas ketentuan pidana tentang kewajiban menggunakan sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat : studi kasus di Unit Lalu Lintas Polresta Malang

Kiswandono, Damar (2008) Efektifitas ketentuan pidana tentang kewajiban menggunakan sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat : studi kasus di Unit Lalu Lintas Polresta Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis membahas tentang efektifitas ketentuan pidana tentang kewajiban menggunakan sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat. Hal ini dilatar belakangi adanya suatu penelitian yang menyatakan bahwa ketentuan pemberian sanksi pidana tentang pemakaian sabuk pengaman di beberapa kota tidak begitu efekt if. Masalah ketentuan pidana mengenai sabuk pengaman diatur dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam upaya mengetahui tentang pelaksanaan ketentuan pidana mengenai kewajiban menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih di wilayah Malang, maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, yakni mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta sosiologis. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mendapatkan jawaban atas permasalahan yang ada, yakni realita kasus pelanggaran yang berkaitan dengan sabuk pengaman di wilayah Malang mengalami pasang surut. Ada beberapa hambatan yang menyebabkan ketentuan pidana mengenai kewajiban menggunakan sabuk keselamatan bagi pengemudi dan penumpang disampingnya tidak efektif, yakni penerapan penegakan hukum, kurangnya rasa ketauladanan dari pengemudi, adanya anggapan bahwa berkendaraan jarak dekat Ada beberapa upaya yang dilakukan Polresta Malang dalam menerapkan dan melaksanakan kewajiban melengkapi dan menggunakan sabuk pengaman yakni meliputi penegakan hukum dibidang pencegahan (prefentif), penegakan hukum dibidang penindakan (represif), pendidikan masyarakat. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka dalam pelaksanaan ketentuan pidana mengenai kewajiban menggunakan sabuk pengaman tersebut diperlukan kerjasana antara semua pihak yang terkait, baik petugas lalu lintas, masyarakat maupun instansi-instansi terkait lainnya.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/334/050800691
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2008 09:41
Last Modified: 10 Nov 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109968
[thumbnail of 050800691.pdf]
Preview
Text
050800691.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item