Upaya Perhutani dalam mencegah dan menanggulangi illegal logging yang terjadi di Kawasan RPH Sumberagung Kabupaten Malang : studi di Perum Perhutani RPH Sumberagung Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanji

ChusnulChotimah (2007) Upaya Perhutani dalam mencegah dan menanggulangi illegal logging yang terjadi di Kawasan RPH Sumberagung Kabupaten Malang : studi di Perum Perhutani RPH Sumberagung Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanji. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai Perhutani Dalam Mencegah dan Menanggulangi Illegal Logging di Kawaan RPH Sumberagung. Hal ini dilatarbelakangi dari adanya penebangan liar (Illegal Logging) yang menyebabkan kerusakan hutan di RPH Sumberagung. Kerusakan hutan itu sendiri terjadi akibat adanya krisis ekonomi yang berkepanjangan sehingga perekonomian penduduk desa semakin menurun. Hal inilah yang mendorong masyarakat untuk melakukan penebangan liar (Illegal Logging). Masalah dalam skripsi ini: 1) Bagaimanakah Illegal Logging yang terjadi kawasan RPH Sumberagung Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang? 2) Apa upaya yang dilakukan oleh Perum Perhutani dalam mencegah dan menaggulangi Illegal Logging yang terjadi di wilayah RPH Sumberagung Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan? 3) Apa kendala yang dihadapi oleh Perum Perhutani dalam mencegah dan menanggulangi Illegal Logging yang terjadi di wilayah RPH Sumberagung Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan? Maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, penelitian yang didasarkan untuk studi hukum dan masyarakat. Seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif analisis. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, penarikan sample dengan cara mengambil subyek yang didasarkan pada tujuan tertentu. Kesimpulan pada penelitian ini: 1) Illegal Logging yang terjadi di kawasan RPH Sumberagung sudah sangat parah. Masyarakat melakukan Illegal Logging untuk memperluas areal garapan mereka untuk ditanami tanaman Palawija dan tebu. Sampai saat ini Perum Perhutani telah melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya Illegal Logging. Sampai saat ini Perhutani sedang melakukan penataan kembali hutan yang rusak akibat illegal logging. 2) Upaya yang telah dilakukan antara lain: melakukan pendekatan kepada masyarakat desa sekitar hutan dengan melakukan sosialisasi UU No. 41 Tahun 1999 tentang kehutanan, melakukan pengamanan dengan sistem LA, mengadakan patroli rutin internal dan eksternal, mengadakan pemeriksaan terhadap kendaraan yang keluar masuk hutan, mengadakan pembinaan rutin terhadap masyarakat tepi hutan. Upaya represif yang telah dilakukan dengan melakukan penangkapan terhadap pelaku Illegal Logging. 3) Kendala yang dihadapi antara lain: Areal kawaan RPH sumberagung yang sangat luas, kurangnya informasi yang diterima oleh pihak perhutani dalam hal adanya illegal logging karena kejelian pelaku, terbatasnya jumlah personil, adanya penampung kayu illegal, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti pembinaan, mobilisasi massa yang sangat besar dalam melakukan illegal logging, kurangnya dana operasional serta kurangnya sarana operasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/331/050800308
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2008 09:44
Last Modified: 29 Oct 2021 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109965
[thumbnail of 050800308.pdf]
Preview
Text
050800308.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item