Penempatan dan Pembinaan Narapidana Waria di Lembaga Pemasyarakatan : studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang, Jawa Timur

AnandaPutriMalapiraga (2007) Penempatan dan Pembinaan Narapidana Waria di Lembaga Pemasyarakatan : studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang upaya penempatan dan pembinaan narapidana waria di Lembaga Pemasyarakatan khususnya di LP Klas IA Lowokwaru Malang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh belum adanya peraturan yang menangani masalah penempatan narapidana waria. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan masalah mengenai (a) realita yang ada tentang eksistensi narapidana waria di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang, (b) perlindungan terhadap narapidana waria di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang dan (c) kendala-kendala yang dihadapi dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana waria. Dalam upaya mengetahui penempatan dan pembinaan narapidana waria di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang, berikut dengan kendala dan upayanya, maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, meneliti suatu peraturan perundang-undangan dan efektifitas peraturan perundang-undangan tersebut dalam lingkungan masyarakat. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jawaban bahwa penempatan dan pembinaan terhadap narapidana waria dilakukan secara terpisah dengan narapidana lainnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak seharusnya terjadi di dalam Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang misalnya saja perlakuan yang tidak senonoh dari narapidana lainnya kepada narapidana waria. Berdasarkan kebijakan lembaga pemasyarakatan, dalam hal pembinaan, narapidana waria juga tidak menerima seluruh pembinaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang karena pertimbangan keamanan. Menyikapi fakta-fakta yang terjadi maka perlu dibentuk peraturan yang dikeluarkan oleh Mentri Hukum dan HAM yang mengatur tentang narapidana waria, atau paling tidak peraturan yang dibuat secara tertulis oleh Kalapas yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas Lapas dan pihak Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang hendaknya menyediakan fasilitas sarana dan prasarana sesuai dengan minat narapidana waria sebagai upaya melakukan pembinaan terhadap narapidana waria walaupun harus dilaksanakan di tempat terpisah dari narapidana lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/328/050800254
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2008 10:59
Last Modified: 29 Oct 2021 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109962
[thumbnail of 050800254.pdf]
Preview
Text
050800254.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item