Pelaksanaan Pengadaan Tanah dan Ganti Ruginya Terkait dengan Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kota Malang : studi di Desa Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur

DwiErgaSeprizal (2007) Pelaksanaan Pengadaan Tanah dan Ganti Ruginya Terkait dengan Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kota Malang : studi di Desa Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai pelaksanaan pengadaan tanah dan ganti ruginya untuk pembangunan Jalan Lingkar Timur kota Malang. Hal ini dilatarbelakangi karena Desa Ampeldento sebagian besar merupakan daerah pertanian yang subur dan menjadi tumpuan utama perekonomian, seluruh warga yang memiliki hak atas tanah akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan hak miliknya meski itu harus dengan mengorbankan nyawa. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah proses pelaksanaan pengadaan tanah, hambatan yang dihadapi dalam proses pengadaan tanah dan upaya-upaya yan gtelah dan dilakukan oleh pemerintah dalam menghadapi hambatan tersebut. Dalam metode penelitian skripsi ini, metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis. Metode yang digunakan dalam pengambilan sample adalah purposive sampling. Data-data yang diperoleh dari penelitian, kemudian dianalisa dengan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini sendiri mengambil tempat di Desa Ampeldento. Dalam proses pengadaan tanah di Desa Ampeldento hingga saat ini baru mencapai proses musyawarah yang dilakukan antara warga desa dan perangkat dari desa dan kecamatan. Satu permasalahan mendasar yang menyebabkan kegiatan pengadaan tanah yang dilakukan oleh pihak pemerintah kabupaten malang menjadi lemah dari sisi hukum. Tidak dibentuknya panitia pengadaan tanah menyebabkan segala kegiatan yang dilakukan pemerintah tidak memiliki kekuatan hukum. Upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menghadapi hambatan proses pengadaan tanah adalah mengoptimalkan sosialisasi pentingnya pembangunan Jalan Lingkar Timur.Upaya yang akan dilakukan pemerintah dalam menghadapi hambatan proses pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Lingkar Timur adalah sesegera mungkin membentuk Panitia Pengadaan Tanah. Mengingat pentingnya peran panitia dalam melakukan proses musyawarah dengan pemilik hak atas tanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/316/050800077
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2008 09:51
Last Modified: 29 Oct 2021 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109950
[thumbnail of 050800077.pdf]
Preview
Text
050800077.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item