Pengembalian Benda Sitaan Hasil Razia Kendaraan Bermotor pada Perkara Pelanggaran Lalu Lintas : studi pada Polresta Mojokerto

RizaFefriadi (2007) Pengembalian Benda Sitaan Hasil Razia Kendaraan Bermotor pada Perkara Pelanggaran Lalu Lintas : studi pada Polresta Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini judul yang diangkat adalah Pengembalian Benda Sitaan Hasil Razia Kendaraan Bermotor dalam Perkara Pelanggaran Lalu Lintas (Studi Kasus pada Polresta Mojokerto). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kredit sepeda motor pada lembaga pembiayaan. Sebagai perjanjian kredit, selalu ada kemungkinan terjadinya wanprestasi yang dapat menyebabkan kerugian pada pihak perusahaan pembiayaan, dan dalam menangani kredit bermasalah, PT WOM Finance cabang Kebumen selalu berupaya menempuh upaya musyawarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis sosiologis yang mengkaji pendayagunaan lembaga negosiasi dalam penyelesaian sengketa dalam perjanjian pembiayaan kendaraan bermotor, hambatan-hambatan yang dialami dalam pendayagunaan lembaga negosiasi tersebut, dan pelaksanaan hasil penyelesaian sengketa melalui lembaga negosiasi oleh para pihak Setiap kali terjadi wanprestasi debitur dalam perjanjian pembiayaan kendaraan bermotor, PT WOM Finance cabang Kebumen melakukan pendekatan kekeluargaan kepada debitur bermasalah. Pendekatan kekeluargaan ini dilakukan dalam bentuk negosiasi untuk merumuskan penyelesaian kewajiban debitur. Hambatan-hambatan yang dialami dalam pendayagunaan lembaga negosiasi untuk menyelesaikan sengketa ini umumnya berasal dari debitur. Bentuk hambatan dalam pendayagunaan lembaga negosiasi tersebut adalah (a) debitur tidak memahami hak dan kewajibannya, (b) karakteristik debitur yang tidak bertanggung jawab, (c) adanya pihak ketiga yang terlibat, dan (d) adanya hubungan kekerabatan atau pertemanan antara collector dengan debitur. Hasil kesepakatan yang terjadi lewat lembaga negosiasi ini dilaksanakan oleh para pihak dengan mengacu pada surat pernyataan yang ditandatangani oleh debitur. Isi surat pernyataan itu adalah kesanggupan atau ketidaksanggupan debitur untuk memenuhi prestasinya dan bilamana debitur akan memenuhi prestasinya itu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/289/050703209
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2007 11:06
Last Modified: 28 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109930
[thumbnail of 050703209.pdf]
Preview
Text
050703209.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item