Peranan Pemerintah Kota Batu Dalam Perlindungan Hukum Atas Indikasi Geografis “Apel Batu” sebagai bagian dari Merek yang berkaitan dengan produk olahan apel

LilisAnggraeni (2007) Peranan Pemerintah Kota Batu Dalam Perlindungan Hukum Atas Indikasi Geografis “Apel Batu” sebagai bagian dari Merek yang berkaitan dengan produk olahan apel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas masalah Peranan Pemerintah Kota Batu Dan Upaya Dalam Perlindungan Hukum Atas Indikasi Geografis “Apel Batu” Sebagai Bagian Dari Merek Yang Berkaitan Dengan Produk Olahan Apel. Hal ini dilatarbelakangi pengaturan hukum merek Indonesia tidak hanya melingkupi pada aspek merek dagang dan merek jasa, namun lingkupnya juga masuk pada pengaturan hukum atas indikasi geografis. Seperti halnya apel yang dihasilkan oleh kota Batu, apel yang sudah terkenal dengan sebutan “Apel Batu” ini yang mempunyai ciri khas tersendiri. Hal ini yang dikuatirkan akan menyebabkan daerah lain penghasil apel selain kota Batu akan mengambil indikasi geografis “Apel Batu” untuk meningkatkan penjualan apel didaerahnya dengan mengatas namakan apel yang dihasilkan didaerahnya adalah apel yang dihasilkan di kota Batu dan bisa juga daerah penghasil apel tersebut membuat olahan apel mereka seperti yang dihasilkan di kota Batu dengan menggunakan kemasan yang bergambar apel Skripsi ini membahas permasalahan mengenai bentuk perlindungan hukum atas Indikasi Geografis “Apel Batu”, pemahaman pengusaha produk olahan apel berkaitan dengan pemakaian Indikasi Geografis “Apel Batu” sebagai bagian dari merek dagang, dan juga peranan pemerintah dalam hal perlindungan hukum indikasi geografis “Apel Batu” sebagai bagian dari merek yang berkaitan dengan produk olahan apel. Dalam penelitian tersebut menggunakan pendekatan yuridis normatif pada masalah yang pertama yaitu penelitian yang menggunakan data sekunder (data kepustakaan), sedangkan yuridis sosiologis digunakan pada masalah yang kedua dan ketiga yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara pendekatan hukum terhadap permasalahan yang ada dan dalam hal perlindungan hukum produk olahan apel dan didiskripsikan hasil-hasil penelitian lapangan yang terjadi secara faktual dalam permasalahan yang ada. Kemudian, seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa peranan pemerintah kota Batu dan upaya dalam perlindungan hukum atas indikasi geografis sebagai bagian dari merek yang berkaitan dengan produk olahan akan sangat membantu masyarakat kota Batu terutama pada pengusaha produk apel, dimana pemerintah kota Batu memberikan pembinaan-pembinaan yang berkaitan dengan kualitas dan mutu akan tetapi dalam hal perlindungan merek produk yang mereka hasilkan selama ini belum mereka dapatkan. Menyingkapi fakta-fakta tersebut di atas, maka perlu dibuat Peraturan Daerah yang mengatur masalah perlindungan Hak Kekayaan Intelektual yang berada di kota Batu, terutama dalam upaya untuk melindungi indikasi geografis maupun merek produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/230/050702706
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109915
[thumbnail of 050702706.pdf]
Preview
Text
050702706.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item