Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Periode 2005 : studi pada Pemerintah Kota Batu Jawa Timur

NurulKhasanah (2007) Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Periode 2005 : studi pada Pemerintah Kota Batu Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah di Kota Batu. hal ini dilatar belakangi adanya perubahan status k ota Batu dari kota administratif menjadi kota otonom, maka tugas dan tanggung jawab aparatur yang ada di pemerintah kota Batu menjadi meningkat, sehingga membutuhkan pegawai negeri sipil baru guna melaksanakan urusan dan kewenangan. Dengan semakin meningkatnya tugas dan tanggung jawab, perlu dilakukan pengadaan calon pegawai negeri sipil baru yang sesuai dangan peraturan yang berlaku agar diperoleh pegawai negeri yang berkualitas dan profesional di bidangnya. Permasalahan penulisan ini dititik beratkan pada pelaksanaan pengadaan calon pegawai negeri sipil daerah di Pemerintah Kota Batu, selain itu juga mengenai kendala-kendala dalam pelaksanaan pengadaan calon pegawai negeri sipil daerah di Pemerintah Kota Batu, serta upaya-upaya dalam menghadapi kendala tersebut. Metode pendekatan yang dipakai untuk membahas permasalahan adalah yuridis sosiologis. dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan pihak tekait di Pemerintah Kota Batu yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan pengadaan CPNS daerah. sedangkan untuk menganalisa data digunakan teknik deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Pelaksanaan pengadaan CPNS Daerah Kota Batu adalah melalui tahap perencanaan, pengumuman pengadaan, penyaringan, dan pengumuman pelulusan. Penerimaan CPNS Daerah Kota Batu mengalami fluktuasi yaitu peningkatan dan penurunan baik dari jumlah pelamar, jenis pekerjaan maupun pendidikan Pada tahun 2005. Sedangkan perihal kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengadaan CPNS tahun 2005 ini tidak terlalu banyak. kendala yang dihadapi hanya pada kendala teknis yaitu masalah tempat atau ruang ujian CPNS yang tersebar di 38 lokasi, sehingga peserta ujian yang datang dari luar kesulitan mencarinya. sedangkan kendala yang kedua adalah masalah salah kode soal ujian.Untuk mengatasi kendala yang pertama, pihak panitia memberikan informasi yang cukup mengenai lokasi ujian bagi peserta yang kesulitan mencarinya. Selain itu untuk mengatasi kekeliruan kode soal ujian yaitu kode soal, pada waktu ujian panitia memberi tahu kepada peserta untuk mengubah kode soal yang sesuai dengan kode jenis tenaga masing-masing Dalam penyaringan hendaknya diperhatikan calon pegawai yang benar-benar sesuai kebutuhan dan yang memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. selain itu p ihak Pemerintah Kota Batu khususnya panitia pelaksana pengadaan CPNS hendaknya melaksanakan asas kecermatan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/20/050700761
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2009 09:38
Last Modified: 28 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109902
[thumbnail of 050700761.pdf]
Preview
Text
050700761.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item