AyuCitraSantyaningtyas (2007) Perlindungan hukum bagi konsumen terhyadap perjanjian baku pada Polis Standar Asuransi Kebakaran di Indonesia : studi di PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumen yang keberadaannya sangat bervariatif tidak jarang mendapatkan itikad buruk dari produser, antara lain menyangkut mutu barang maupun jasa, informasi yang menyesatkan. Kebutuhan akan perusahaan asuransi kerugian yang berfungsi sebagai upaya dalam mengurangi kerugian akibat resiko-resiko yang mungkin timbul dalam kegiatan usahanya, kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ke tiga. Salah satu perusahaan asuransi kerugian yang terkemuka di Indonesia adalah Perusahaan Asuransi Allianz Utama Indonesia. Bukti kesepakatan antara penanggung dan tertanggung dibuat suatu kontrak perjjanjian berupa akta yang disebut polis. Umumnya polis dibuat dalam bentuk tertulis yang dibakukan menyerupai perjanjian standar [standard contract], atau Polis Standar. Didalam polis tsb, isi polis berupa rumusan spesifik dan sepihak oleh penanggung yang memuat syarat-syarat perjanjian yang berupa pernyataan sepihak pennanggung sehingga dipandang menguntungkan penanggung dari pada konsumen. Permasalahan yang dibahas dalam penulisan ini meliputi dua hal : 1). Bagaimana implementasi perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia dalam penyelesian ganti kerugian yang dialami oleh konsumen pengguna Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia. 2). Hambatan-hambatan apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan klausula baku pada polis standar asuransi di PT. Allianz Utama Indonesia Cabang Bandung ?. Mtode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis, yakni dengan cara mengkaji, menelaah serta menganalisa tentang implemtasi perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Bandung beserta hambatan-hambatan apa yang dijumpai. Pembahasan dari penulisan ini yaitu PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia memberikan perlindungan terhadap konsumen pengguna polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia dengan cara isi dari polis dicetak dalam dua bahasa yang bertujuan untuk mempermudah tertanggung dalam memahami isi dan pasal-pasal yang terdapat dalam polis, serta upaya-upaya dalam sengketa. Pertama: Penananggung yaitu dengan perdamaian dan musyawarah mufakat, arbitrase dan pengadilan. Kedua : Pihak Tertanggung : yaitu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen [BPSK], Badan Mediasi Asuransi Indonesia [BMAI], Pengadilan Negeri, Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat. Hambatan yang menjadi kendala didalam penerapan klausula baku pada polis standar asuransi kebakaran di PT. Asuransi Allianz dari sisi tertanggung adalah kurang pahamnya penanggung akan isi Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia. Dari sisi Penanggung yaitu kurang pahamnya seorang agen akan produk yang ia tawarkan kepada konsumen (tertanggung). Saran kepada peanggung dalam penulisan ini adalah : Penanggung berkewajiban melakukan sosialisasi mengenai asuransi ini, antara lain dengan mengadakan seminar/workshop, menyebarkan brosur mengenai produk asuransi yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2007/050703068 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 27 Nov 2007 00:00 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109878 |
Preview |
Text
050703068.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |