Status Hukum Derivatif Saham berupa option yang dilakukan secara Scripless Trading di PT. Bursa Efek Jakarta : studi di PT. Bursa Efek Jakarta

VossyAnggiaRatnasita (2007) Status Hukum Derivatif Saham berupa option yang dilakukan secara Scripless Trading di PT. Bursa Efek Jakarta : studi di PT. Bursa Efek Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah status hukum derivatif saham berupa option beserta peralihan haknya. Hal ini dilatarbelakangi karena transaksi derivatif saham saat ini berkembang pesat dipasar modal, salah satunya adalah option atau opsi. keberadaan opsi pada awalnya merupakan kebutuhan dari para pemodal dalam menghadapi resiko kerugian. Oleh karena adanya kemajuan teknologi, keberadaan opsi menjadi suatu produk yang menjanjikan dan tidak hanya sebagai penangkal resiko tetapi juga sebagai investasi. Berdasarkan alasan itulah muncul masalah penting yang perlu dikaji yaitu: 1) Bagaimana status hukum derivatif saham berupa option yang dilakukan secara scripless trading di PT. Bursa Efek Jakarta? 2) Bagaimana peralihan hak milik terhadap derivatif saham berupa option di PT Bursa Efek Jakarta apabila dilihat berdasarkan Undang-undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995? Dan tujuan skripsi ini adalah 1)Untuk menganalisis status hukum derivatif saham berupa option yang dilakukan secara scripless trading di PT Bursa Efek Jakarta. dan 2).Untuk menganalisis pengalihan hak milik terhadap derivatif saham berupa option di PT Bursa Efek Jakarta berdasarkan Undang- undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995. Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis menggunakan metode yuridis sosiologis. yang mana lokasi penelitian ini dilakukan di PT Bursa Efek Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa tersebut, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, yaitu derivatif saham diklasifikasikan sebagai efek juga maka status hukum terhadap derivatif saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta tersebut sama dengan efek-efek yang lainnya. Derivatif saham itu sendiri mempunyai arti hak yang dapat diperjual belikan yang mana jenis-jenis atau macam derivatif antara lain forward ,future, options, swaps. Dan mengenai peralihan hak milik terhadap derivatif saham berupa option sendiri, Undang-undang Pasar Modal menentukan dalam pasal 9 ayat (2). Maka berdasarkan pasal 9 ayat (2) Undangundang Pasar Modal peralihan hak milik dari derivatif saham berupa opsi(option) yang dilakukan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dapat melalui perdagangan efek. Adapun saran yang dapat diajukan adalah diharapkan skripsi ini dapat memberikan gambaran tentang status hukum derivatif saham berupa option yang dilakukan secara scripless trading di PT. Bursa Efek Jakarta dan juga peralihan hak milik terhadap derivatif saham berupa option di PT Bursa Efek Jakarta apabila dilihat berdasarkan Undang-undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995. Sehingga dapat berguna bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050702983
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109862
[thumbnail of 050702983.pdf]
Preview
Text
050702983.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item