Kendala-kendala yang dihadapi oleh BRI Cabang Malang Martadinata dalam melakukan pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (Money Laundering)

DianaAyuPrawitasari (2007) Kendala-kendala yang dihadapi oleh BRI Cabang Malang Martadinata dalam melakukan pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (Money Laundering). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini dibahas mengenai masalah Kendala-kendala Yang Dihadapi Oleh BRI Cabang Malang Martadinata Dalam Melakukan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (Money Laundering). Hal ini dilatarbelakangi oleh pencucian uang (money laundering) tidak hanya sekedar masalah internal Indonesia, tetapi juga merupakan masalah dunia internasional. Oleh Karena itu berbagai upaya telah diadakan dalam upaya membahas cara-cara atau metode-metode tersebut. Kejahatan tersebut dapat menghambat kemajuan suatu Negara, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun budaya. Perumusan masalah dalam penelitian adalah mengenai Kendala-kendala Dalam Melakukan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (Money Laundering) di BRI Cabang Malang Martadinata, berikut dengan upaya-upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan upaya pencegahan tindak pidana pencucian uang. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis. Kemudian seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa kendala yang dihadapi oleh BRI Cabang Malang Martadinata dalam melakukan pencegahan tindak pidana pencucian itu terdapat 2 (dua) faktor yaitu Faktor Eksternal dan Faktor Internal. Faktor eksternal tersebut adalah nasabah terkadang tidak bersedia dalam pengisian data Customer information dan nasabah belum tentu bersedia memberikan informasi pendapatan yang diperoleh tiap bulan dan Faktor Internalnya adalah BRI tidak berhak menyelidiki secara detail kebenaran data yang diberikan oleh nasabah. Dengan adanya kendala tersebut, maka ada upaya untuk mengatasinya yaitu upaya internal yang berupa dengan segera salah satu staff BRI melakukan kunjungan yang bersifat kekeluargaan dan Upaya eksternal adalah Melakukan klarifikasi dengan nasabah mengenai data Customer Information dan Meminta File yang dianggap berhubungan dengan pendapatan nasabah. Menyingkapi fakta-fakta tersebut diatas, pihak BRI melihat kendala-kendala ini yang telah dihadapi tidak menjadi penghambat bagi pihak BRI dalam pengungkapan kasus tindak pidana pencucian uang (Money Laundering).Agar pihak aparat penegak hukum ikut membantu dalam pengungkapan kasus tindak pidana pencucian uang jika pihak BRI melaporkan kasus ini, dan sebaiknya aparat Penegak Hukum bekerjasama dengan pihak Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata demi menyelesaikan kasus Money Laundering.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050702579
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 06:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109835
[thumbnail of 050702579.pdf]
Preview
Text
050702579.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item