Efektivitas pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan mengenai Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu antara Pekerja dengan Pengusaha : studi kasus di PTPN XI (Persero) Pabrik Gula Redjosarie Magetan

FajarKurniawan (2006) Efektivitas pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan mengenai Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu antara Pekerja dengan Pengusaha : studi kasus di PTPN XI (Persero) Pabrik Gula Redjosarie Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Efektivitas Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan mengenai Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu antara Pekerja dengan Pengusaha (Studi kasus di PTPN XI (Persero) Pabrik Gula Redjosarie Magetan). Perjanjian Kerja Waktu Tertentu adalah perjanjian kerja yang dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu. Tetapi dalam prakteknya, banyak perusahaan yang menerapkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu untuk jenis pekerjaan yang bersifat tetap. Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu memberikan keuntungan bagi perusahaan karena biaya untuk gaji dan tunjangan pekerja dapat ditekan. Disisi lainnya, pihak pekerja memiliki posisi yang lemah, karena masa kerjanya tergantung pada perjanjian kerja. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu diatur dalam Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP.100/MEN/VI/2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu. Mengenai Efektivitas Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan mengenai Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu antara Pekerja dengan Pengusaha (Studi kasus di PTPN XI (Persero) Pabrik Gula Redjosarie Magetan), maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu mengkaji peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu pada PTPN XI (Persero) Pabrik Gula Redjosarie Magetan. Kemudian seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif analisis untuk data primer dan secara content analisis (analisa isi) untuk data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di PTPN XI (Persero) Pabrik Gula Redjosarie Magetan melanggar Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bila ditelaah dari teori efektivitas hukum, tentang berlakunya kaidah hukum dari segi yuridis, sosiologis dan filosofis maka Pasal tersebut belum berlaku efektif dalam mengatur pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di PTPN XI (Persero) Pabrik Gula Redjosarie Magetan. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka perlu dikaji ulang tentang pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu untuk memaksimalkan Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang mengatur tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050702439
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109831
[thumbnail of 050702439.pdf]
Preview
Text
050702439.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item