Implementasi pasal 14 huruf (e) tentang Hak Menyampaikan Keluhan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan menurut Undang – Undang No 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan : studi di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar

BagusBayuPrabowo (2007) Implementasi pasal 14 huruf (e) tentang Hak Menyampaikan Keluhan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan menurut Undang – Undang No 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan : studi di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai pelaksanaan hak yang dimiliki oleh anak didik pemasyarakatan khususnya mengenai hak menyampaikan keluhan berdasarkan undang–undang no 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Hal ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemenuhan hak yang dimiliki oleh anak didik pemasyarakatan salah satunya adalah hak menyampaikan keluhan berdasarkan pasal 14 huruf e undang-undang No 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.Dalam pelaksanaannya anak didik pemasyarakatan dapat menyampaikan keluhannya kepada petugas yang ditunjuk oleh lembaga sebagai wali. Penelitian dilakukan di LPA Blitar. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Dalam penulisan skripsi ini membahas mengenai : (1) Bagaimana penerapan hak menyampaikan keluhan bagi anak didik pemasyarakatan menurut undang-undang no 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. (2) Kendala dan upaya apakah yang dihadapi oleh lembaga pemasyarakatab anak Bilitar dalam penerapan hak menyampaikan keluhan bagi anak didik pemasyarakatan menurut undang-undang no 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan anak Blitar. Anak didik pemasyarakatan mempunyai hak untuk menyampaikan keluhannya kepada wali pemasyarakatan. Wali pemasyarakatan menampung keluhan yang disampaikan oleh anak didik pemasyarakatan dan kemudian diajukan dalam sidang TPP. Dalam pelaksanaanya tersebut mereka berpedoman pada undang-undang no 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah No 32 th 1999 tentang Syarat dan Tata cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Bentuk keluhan yang disampaikan oleh anak didik yaitu ingin dikunjunggi oleh keluarganya, memperoleh bahan buku bacaan, ditempatkan di tempat sesuai dengan ketrampilannya. Dalam pelaksanaanya, peranan wali pemasyarakatan dalam menampung keluhan yang disampaikan oleh anak didik pemasyarakatan terdapat beberapa kendala yang dihadapi antara lain kurangnya jumlah tenaga wali anak didik pemasyarakatan, anak didik pemasyarakatan sulit untuk menyampaikan keluhan karena latar belakang pendidikan yang rendah, keterbatasan waktu yang dimili oleh wali karena merangkap tugas lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050702438
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109830
[thumbnail of 050702438.pdf]
Preview
Text
050702438.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item