Tanggung jawab Perusahaan Asuransi terhadap penumpang yang memiliki tiket akibat terjadinya kecelakaan kapal laut : studi kasus di PT. Jasa Raharja Surabaya

RisaRahayuAgustinik (2007) Tanggung jawab Perusahaan Asuransi terhadap penumpang yang memiliki tiket akibat terjadinya kecelakaan kapal laut : studi kasus di PT. Jasa Raharja Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai tanggung jawab perusahaan asuransi terhadap penumpang yang memiliki tiket akibat terjadinya kecelakaan kapal laut yang dilakukan oleh PT. Jasa Raharja di Surabaya. Hal ini dilatar belakangi oleh pengangkutan melalui laut yang tidak selamanya memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi penumpang, yang dihadapkan pada risiko akan terjadinya kecelakaan kapal. Guna mengurangi kerugian yang mungkin terjadi penumpang memerlukan asuransi untuk mengelola risiko dari kemungkinan mengalami kerugian karena ancaman bahaya di laut. Adapaun permasalahan yang diangkat, yaitu : 1) Bagaimana tanggung jawab PT Jasa Raharja akibat terjadinya kecelakaan kapal terhadap penumpang pengangkutan laut yang terdaftar, 2) Penyelesaian sengketa apabila terjadi tuntutan ganti rugi atas kecelakaan kapal pada PT Jasa Raharja oleh penumpang pengangkutan laut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab PT Jasa Raharja akibat terjadinya kecelakaan kapal terhadap penumpang dan penyelesaian sengketa apabila terjadi tuntutan ganti rugi pada PT Jasa Raharja. Upaya mengetahui tanggung jawab PT. Jasa Raharja terhadap penumpang maka metode yang digunakan adalah yuridis sosiologis, dengan menggunakan sample yaitu Kepala Bagian Pelayanan Santunan dari PT Jasa Raharja Cabang Surabaya sebagai wakil dari penanggung, dan 5 (lima) orang tertanggung, kemudian data yang ada dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Jasa Raharja Surabaya dalam melaksanakan tanggung jawabnya terhadap penumpang pengangkutan laut sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kita dapat memperoleh santunan asuransi dengan cepat dan mudah apabila kita sebagai korban dengan segera mungkin memenuhi persyaratan dalam permohonan pemberian santunan. PT Jasa Raharja hingga saat ini belum pernah ada klaim asuransi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, karena dalam penyelesaian klaim asuransi lebih banyak menggunakan jalur yang sudah ditentukan oleh Undang–Undang dan Peraturan Pelaksanaannya akan tetapi apabila ada pihak yang dirugikan yaitu korban kecelakaan yang mengalami musibah secara langsung atas terjadinya kecelakaan, diselesaikan secara kekeluargaan. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka PT Jasa Raharja mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan santunan terhadap korban. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pentingnya perusahaan asuransi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050701963
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 04:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109793
[thumbnail of 050701963.pdf]
Preview
Text
050701963.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item