Optimalisasi Pelaksanaan Pemungutan Pajak Daerah dalam rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Propinsi Jawa Timur : studi pada UPTD Propinsi Jawa Timur di Pasuruan

BramantyaDwiBayuAji (2007) Optimalisasi Pelaksanaan Pemungutan Pajak Daerah dalam rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Propinsi Jawa Timur : studi pada UPTD Propinsi Jawa Timur di Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan nasional adalah suatu kegiatan yang berlangsung terus menerus dan berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat secara material maupun spiritual, sehingga pemerintah berusaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) baik dari Pendapatan Asli maupun dari sumber lainnya. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat dan Pemerintah Daerah,maka daerah diberi kewenangan untuk menggali potensi pendapatan asli daerah, dan salah satunya dapat melalui pajak daerah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu mengkaji optimalisasi pelaksanaan pemungutan pajak daerah yang dilakukan oleh UPTD Propinsi Jawa Timur di Pasuruan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analisys. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor UPTD Propinsi Jawa Timur di Pasuruan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Penulis mendapatkan hasil bahwa pada periode penerimaan pendapatan daerah tahun 2004-2006 telah optimal. Keberhasilan ini merupakan hasil dari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan UPTD Propinsi Jawa Tmur di Pasuruan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah yaitu melalui intensifikasi dan ekstensifikasi baik obyek pajak maupun subyek pajak daerah, serta aktif melakukan Dinas Luar untuk melakukan penagihan pajak secara langsung kepada wajib pajak. Sedangkan hambatan yang dihadapi UPTD Propinsi Jawa Timur di Pasuruan dalam optimalisasi pemungutan pajak daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah adalah masih banyak masyarakat yang belum mengetahui peraturan yang menyangkut tentang jenis-jenis pungutan pajak, penentuan jumlah tarif pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak, pemberian sanksi yang diberikan serta hal-hal yang berkaitan erat dengan pelaksanaan pungutan Pajak dan Retribusi Daerah yang dipungut oleh UPTD Propinsi Jawa timur di Pasuruan.Upaya yang dilakukan UPTD Propinsi Jawa timur di Pasuruan terhadap optimalisasi pelaksanaan pemungutan pajak daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah yaitu: a. Melaksanakan penyuluhan kepada wajib pajak melalui RKPD, radio swasta serta menyampaikan brosur dan pemasangan spanduk ditempat-tempat umum, b. Meningkatkan operasional dinas luar menyampaikan Surat tegoran atau melakukan penagihan secara langsung kepada wajib pajak.Berdasarkan uraian tersebut diperoleh suatu kesimpulan agar strategi dan upaya yang telah dilakukan UPTD Propinsi Jawa Timur di Pasuruan dapat lebih ditingkatkan dengan melakukan penambahan jumlah pegawai dam melakukan penambahan kendaraan operasional agar kinerja, strategi dan upaya yang dilakukan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050701929
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109789
[thumbnail of 050701929.pdf]
Preview
Text
050701929.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item